- iklan atas berita -

 

MetroTimes (Magelang) Indahnya Berbagi Magelang itu apa sih ? Dan mungkin dalam pemikiran pembaca itu yang langsung akan muncul.

Indahnya Berbagi Magelang (IB) adalah sebuah komunitas yang terdiri dari beberapa orang yang berbasis sosial dan peduli dengan lingkungan yang ada di sekitar.

Komunitas Indahnya Berbagi (IB) Magelang ada sudah dari 2 tahun yang lalu dan diprakarsai oleh 4 orang hebat yang sering bersandal jepit atau berbagi nasi ke sudut Kota Magelang dan targetnya ke para tunawisma yang tiap malam tidur di emperan toko, tukang becak, tukang sapu dan pemulung. Dengan seiringnya berjalannya waktu sekarang berkembang menjadi 70 anggota aktif dan 253 anggota di luar serta murni kegiatan dilaksanakan dari hati dan tanpa donatur tetap.

Setelah beralih nama menjadi Indahnya Berbagi (IB), komunitas ini tidak hanya menyisir ke pinggir-pinggir jalan saja, tetapi juga mulai menyasar ke rumah-rumah penduduk ataupun yayasan lainnya. Dimulai dari berbagi di Panti Asuhan Maryam Binti Imron di Demesan Tempuran, berbagi ke Dek Dini yang beralamat di Grabag yang mengalami lumpuh di kedua kakinya, ke kampung Dumpoh dengan target anak yang mengalami gangguan di syaraf matanya, ke adek bayi yang beralamat di Krincing yang ketika dilahirkan tidak punya apa-apa dan bahkan untuk memandikan hanya memakai panci serta tidak punya bedak popok dan yang lainnya, berbagi ke Panti Ar Raudhah di Kalinegoro, adek Imah di Pule Danurejo Mertoyudan dan belum lama ini berbagi ke rumahnya Mbah Gun Wates Kota Magelang.

ads

Dengan berkembangnya waktu juga, komunitas Indahnya Berbagi Magelang (IB) juga sering bersinergi dan mendapat arahan dari Satpol PP Kota Magelang dan Dinas Sosial Kota ataupun Kabupaten Magelang.

Untuk lebih mengakrabkan agar saling kenal dan agar lebih solid ke depannya diantara anggota IB sendiri, Minggu (11/2/2018) IB telah mengadakan Kopdar yang pertama kali dengan bertempat di salahsatu tempat tinggal anggota IB yang beralamat di Jalan Magelang Salatiga, Tegalrejo Kabupaten Magelang. Dalam acara Kopdar ini juga telah dihadiri perwakilan dari beberapa Komunitas-komunitas yang ada di Magelang, diantaranya adalah Komunitas Cah Magelang (CM), Unity, Komunitas Jumat Berkah (KJB) dan Komunitas Yayasan Putih Hijau.

Tidak hanya saling berkenalan, bertatap muka ataupun ajang silaturahmi saja agenda dalam Kopdar ini, tetapi juga diadakan tanya jawab dan diskusi.

Anto, ketua dari Komunitas IB menyampaikan merasa berterima kasih dan rasa senangnya kepada para hadirin yang hadir di acara kopdar ini. Menurutnya, dia merasa sangat senang dan bahagia sekali menjadi orang yang berguna bagi orang lain. Muka yang garang belum tentu hatinya juga ikutan garang, bisa juga hatinya baik. Lewat IB saya pernah meneteskan air mata dengan apa yang saya lihat dengan saudara kita yang nasibnya kurang beruntung daripada kita. Maka dari itu, saya sangat belajar banyak dari Komunitas ini.

“Terimakasih kepada hadirin yang hadir di acara Kopdar ini, mari kita bersama-sama melaksanakan kegiatan sosial dengan didasari hati yang ikhlas dan tanpa pamrih. Ampun sayah tumindak sae” terang Ketua IB.

Dengan dasar melaksanakan kegiatan dari hati dan saling keterbukaan di dalam Komunitas IB ini sendiri, harapan ke depan IB bisa menjadi sebuah Komunitas yang baik sesuai dengan visi misi dan tujuannya yaitu aktif di sosial. Ampun Sayah Tumindak Sae.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!