- iklan atas berita -

Metro Times (Magelang) Gubernur Akademi Militer Mayjen TNI Totok Imam Santoso, S.I.P., S.Sos., M.Tr. (Han) bersama Letnan Jenderal TNI (Purn) H. Sumarsono, S.H. beserta perwakilan Alumni Akabri ’72 meresmikan Pemugaran Gapura, Rumah Jaga, Patung Taruna dan Taman Damarwulan di pintu satu Kesatrian Akmil Magelang, Selasa (09/03).

Mengawali sambutan, Letjen TNI (Purn) Sumarsono menguraikan,

”Kami Alumni Akabri 72 (Bes) yang telah membangun Gapura, Rumah Jaga, Patung Taruna dan Taman Damarwulan. Alasan kami membangun Gapura ini kita mengawali menjadi Perwira dan mengakhirinya dari Gapura pintu 1 Akademi Militer ini, bertitik tolak dari ini kita memprakarsai membangun ini. Alumni Akabri 72 (Bes) Enam Sembilan menyampaikan rasa hormat dan bangga kepada Gubernur Akmil yang telah menyeselesaikan pembangunan ini,” terangnya.

Selanjutnya Gubernur Akmil menyampaikan,

ads

“Di awal tahun 2021 ini, Kesatrian Akademi Militer tampil dengan wajah baru, yaitu dengan di pugarnya Gapura Utama Kesatrian, Rumah Jaga memperbaiki tampilan Patung Taruna (Babader) dan mempercantik Taman Damarwulan agar Akmil biar lebih berwibawa,” ujarnya.

Gubernur Akmil juga menjelaskan,

“Bahwa pintu satu masuk Akmil mempunyai filosofi, tiang penyangga terdiri dari tujuh pilar yang artinya Sapta Marga merupakan harga mati bagi prajurit dan Pitulungan (pertolongan) serta Pitutur (Petuah) mari saling menasehati dan saling menolong satu sama lain. Untuk pilar di atas ada tiga tingkat mengandung filosofi Tanggap, Tanggon dan Trengginas, serta saling (Asah, Asih dan Asuh) juga filosofi dari syekh Subakir Sopo Salah Seleh. Yang di atas ada Maskot stupa Borobudur yang artinya Borobudur berada di wilayah Magelang (yang di dalamnya ada Akademi Milter),” imbuhnya.

Tidak sampai disitu saja, Gubernur Akmil juga telah berkoordinasi dengan Walikota Magelang.

“Mudah-mudahan Pemkot Magelang berkolaborasi dengan Akmil, kami punya even-even Nasional, kita kelola bersama, kita besarkan bersama dalam rangka Akmil dan Kota Magelang ini maju,” jelasnya.

Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan petunjuk, bimbingan dan    perlindungan-Nya kepada kita semua, dalam melanjutkan tugas pengabdian terbaik kepada bangsa dan negara.

Dalam kegiatan tersebut hadir Letjen TNI (Pur) Darsono, Letjen TNI (Pur) Bibit Waluyo, Mayjen TNI (Pur) Tono Suratman, Walikota Magelang, Wakil Gubernur Akademi Militer Brigjen TNI I Gde Agit Thomas, Ketua dan Wakil Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang BS. Akmil, para pejabat Distribusi Akmil, PLT Kapolres Magelang Kota dan Kapolres Magelang, perwakilan Taruna, perwakilan Organik Akmil dan para tamu undangan yang lain. (rif)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!