- iklan atas berita -

Metro Times (Wonosobo)- curah hujan yang tinggi pekan ini memang menjadi berkah untuk keseimbangan alam, dan juga menjadi alarm kewaspadaan khususnya daerah sabuk bencana alam.

Curah hujan dalam sepekan memang tinggi, sehingga di beberapa titik daerah dengan kejenuhan tekstur tanah yang labil mengakibatkan kelongsoran.

Seperti yang terjadi di Dusun Bungkusan, Desa Gumawang Kidul, Kecamatan Watumalang Wonosobo, saat kemarin pada Jumat (23/10) sore, terjadi Longsor dan melibas satu rumah kisaran menjelang maghrib pukul 17.28.

(23/10)Kondisi rumah saat terkena Longsor.

Dalam kejadian tersebut, tiga anggota keluarga selamat dengan luka ringan, namun satu tamu dari pejawaran atas nama Ad, harus dibawa kerumah sakit. Kerugian materiil ditaksir mencapai angka 100 juta rupiah.

Dengan adanya kejadian tersebut, evakuasi langsung dilaksanakan dilapangan oleh Banser Siaga Bencana(BAGANA), malam hingga pagi. Evakuasi,pembersihan jalur, sterilisasi area, hingga System Penangulangan Gawat Darurat Terpadu langsung di jalankan oleh Banser agar antisipasi, jika situasi kurang bersahabat.

ads
Banser bersama warga sekitar melaksanakan pembersihan, dan sterilisasi area.

Dengan musibah ini, memang perlu menjadi perhatian utama. Karena wonosobo wilayah pegunungan, dan memiliki beberapa kecamatan seperti, Watumalang, Leksono,Kejajar,Garung, Kalibawang dan ini berada di sabuk rawan longsor. Oleh karena itu sangat perlu dilaksanakan Reboisasi secara masif, Penataan Drainase, serta pendidikan gawat darurat yang perlu disosialisasikan kepada masyarakat.(Arr)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!