- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP) sukses menyabet juara 1 Lomba Esai Mahasiswa Pekan Ilmiah Fisika XXX Tingkat Nasional Tahun 2019. Dalam kompetisi itu, UMP mendelegesikan tim mahasiswa Program Studi Fisika yang terdiri atas Muhammad Masyruhan, Putri Wira Anjani, dan Singgih Priyanto.

Kompetisi berlangsung di Universitas Negeri Semarang pada tanggal 2-3 November 2019. Tim mahasiswa UMP meraih juara 1 melalui esai berjudul “EFI – Genset (Eco Friendly Generator Set) Teknologi Terbarukan Genset Ramah Lingkungan Sebagai Solusi Kelangkaan Bahan Bakar Fosil bagi Perahu Nelayan”.

Mereka dinobatkan menjadi yang terbaik setelah lolos tahap seleksi makalah dan presentasi dengan menyisihkan tim lain dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Dosen pembimbing, Umi Pratiwi SSi MSc menyebut, secara keseluruhan ada 2 tim dari Prodi Fisika UMP yang lolos dalam tahap final presentasi. Namun, hanya 1 tim yang dapat menjadi juara pertama.

“Kami mengajukan gagasan terkait pemanfaatan Genset yang ramah lingkungan dalam upaya memberikan solusi bagi kelangkaan bahan bakar untuk perahu nelatan,” sebutnya, Senin (4/11).

ads

Sementara itu, Rektor UMP Dr Rofiq Nurhadi MAg saat dikonfirmasi mengaku bersyukur dan bangga atas prestasi yang diraih mahasiswa. Raihan juara 1 dalam kompetisi kali ini diharapkan dapat memotivasi mahasiswa lainnya untuk terus mengembangkan inovasinya di bidang teknologi terbarukan dan tepat guna. Selain memperkaya referensi, gagasan atau kreativitas yang diciptakan mahasiswa diharapkan juga mampu membantu persoalan-persoalan yang ada di masyarakat.

“Kreativitas dan inovasi mahasiswa merupakan wujud peran serta UM Purworejo dalam memajukan kehidupan bangsa,” ungkapnya. (dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!