- iklan atas berita -

METROTIMES, (Teminabuan) – Pemerintah Kabupaten Sorong Selatan  bersama Pemerintah Kabupaten Maybrat menggelar rapat Koordinasi membahas masalah kesalahpahaman yang terjadi dipasar Kajase Teminabuan Kabupaten Sorong Selatan Pasca  pemilihan Presiden dan pemilihan legislative tahun 2019 Lalu.

Rapat koordinasi yang digelar  antar Pemerintah kabupaten Maybrat dan Kabupaten Sorong Selatan bertempat di  ruang rapat Sekretariat Daerah Kabupaten Maybrat, Selasa (25/06) kemarin berlangsung sukses dan lancar, dipimpin oleh wakil Bupati Maybrat  Drs. Paskalis Kocu, M.Si dan Wakil Bupati Sorong Selatan Drs. Martinus Salamuk  didampingi  ketua DPRD Kabupaten Maybrat  Fernando Salossa, SE dan Ketua DPRD Kabupaten Sorong Selatan Jefries N Kewetare, SP .

Dalam rapat ini juga dihadirkan sejumlah tokoh masyarakat Sorong Selatan diantaranya Ketua Dewan Adat Suku Tehit Mikael Momot, SP.d, Ketua Paguyuban lestari dari Suku Jawa Budi.T, Kepala Kampung Hasik Jaya  Marten Jitmau serta sejumlah Pimpinan OPD dari kedua Kabupaten.

Dalam rapat ini  berhasil menyepakati 5 rekomendasi diantaranya pada poin satu, dimana  kedua pemerintahan  menilai kesalahpahaman yang terjadi  dipasar Kajase Teminabuan merupakan kejadian yang bersifat situasional dan dilakukan  oleh segelintir orang  tertentu dan tidak  mengatasnamakan suku tertentu.

Di point kedua berbunyi Kedua Pemerintahan menjamin keamanan kenyamanan dan kebebasan aktifitas perekonomian (jual beli) yang dilakukan oleh masyarakat di kedua kabupaten.

ads

Sementara pada point ke tiga berbunyi Kedua Pemerintahan mengkoordinasikan dengan kepolisian Resort Sorong Selatan untuk  melakukan pengawasan dan pengendalian di Pos Pengamanan Pasar Kajase dan Pasar  Athabu serta menindak tegas setiap oknum yang menghalangi atau menggangu keamanan, kenyamanan dan kebebasan para pelaku Ekonomi di kedua Kabupaten.

Pada point ke empat berbunyi Tindak lanjut kesepakatan ini akan dilakukan pertemuan antar Bupati Maybrat dan Bupati Sorong Selatan guna menjajaki kerjasama kedua pemerintah dalam segala Aspek Pembangunan dan Kemasyarakatan.

Dan di point ke lima berbunyi Kedua pemerintahan berkewajiban melakukan sosialisasi isi kesepakatan ini kepada masyarakat.

Rapat yang berlangsung alot antar kedua Tokoh dan Pemerintah  Kabupaten ini berjalan sukses  dengan suasana kekeluargaan ditutup dengan penandatanganan kesepakatan bersama yang ditanda tangani oleh wakil Bupati Maybrat, Drs. Paskalis Kocu, M.Si dan Wakil Bupati Sorong Selatan Drs Martinus Salamuk, ketua DPRD Kabupaten Maybrat  Fernando Salossa, SE dan Ketua DPRD Kabupaten Sorong Selatan Jefries N Kewetare, SP.

Wakil Bupati Sorong Selatan Drs Martinus Salamuk Saat di wawancara mengucapkan terimah kasih kepada Wakil bupati Maybrat dan jajaran yang telah bersama menyelesaikan kesalahpahaman yang terjadi antara masyarakat Sorsel dan Maybrat.

“Mari kita kita bersama mensosialisasikan 5 kesepakatan ini kepada masyarakat sehingga warga masyarakat dapat memahamidan mengerti  keberadaan ke  2 pemerintahan yang ada” ungkap Wabup Sorsel

Menurutnya sebenarnya tidak ada permasalahan yang berarti, hal ini terjadi hanya karena ada sejumlah oknum yang  mengkomsumsi miras sehingga konflik atau kesalahpahaman ini terjadi.

Sementara itu Wakil Bupati Maybrat  Drs. Paskalis Kocu, M.Si menjelaskan bahwa dengan 5 kesepakatan ini pihaknya akan menindak lanjuti dengan melakukan sosialisasi kepada warga masyarakat terutama yang berada di wilayah pasar Athabu Kabupaten Maybrat, sehingga kesepakatan ini dapat dilaksanakan dan diharapkan agar hal semacam ini tidak akan terjadi lagi dikemudian hari.

Hal senada juga disampaikan Ketua DPRD Kabupaten Sorsel, Jefries N Kewatare mengatakan pihaknya mendukung penuh dengan kesepakatan yang telah diambil.

“Yang paling penting disini adalah bahwa kita adalah keluarga untuk itu kita perlu menjaga keutuhan kita  dan kami berharap apa yang disepakati harus kita laksanakan dan bersama bertanggung jawab untuk mensosialisasikannya demi  stabilitas keamanan di wilayah masing masing,”unkapnya

Demikian juga disampaikan Ketua DPRD Maybrat Fernando Salossa,SE  menyampaikan terimah kasih kepada kedua pemerintah yang telah mengambil langkah positif penyelesaian persoalan ini  dan akan terus melakukan sosialisasi ke warga masyarakat. (JL)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!