- iklan atas berita -

Metro Times (Kab. Natuna, Kepri) Hari ini Senin, 05 Oktober 2020, merupakan Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke-75 tahun 2020. Upacara HUT TNI tahun ini dilaksanakan di seluruh Indonesia, melalui Video Conference (Vicon), yang dipimpin langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi), di Istana Negara di Jakarta, Senin (05/10/2020) pagi.

Khusus di Kabupaten Natuna Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Upacara HUT TNI ke-75 melalui Vicon di gelar di Aula Makodim 0318/Natuna, Jalan Batu Sisir, Desa Sungai Ulu, Kecamatan Bunguran Timur.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Bupati Natuna, Sekda Natuna, Wakil Ketua II DPRD Natuna, Danlanud RSA Ranai, Danlanal Ranai, Dandim 0318/Natuna Letkol (Arm) Asep Ridwan, SH M.Han, Danyon Komposit I/GP, Dansatrad 212 Ranai, Kapolres Natuna, Kajari Natuna, Kakan SAR Natuna, Kepala Bandara RSA Ranai, Kepala Pengadilan Agama dan Kepala Pengadilan Negeri Natuna serta para tamu undangan lainnya.

Dalam amanatnya Presiden Jokowi menyampaikan, bahwa HUT TNI tidak hanya dirayakan oleh TNI maupun para keluarga TNI saja, namun juga dirayakan oleh seluruh rakyat Indonesia.

“Atas nama Rakyat Bangsa dan Negara, saya menyampaikan ucapan Selamat HUT Tentara Nasional Indonesia yang ke-75. Hari ulang tahun TNI bukan hanya dirayakan oleh anggota dan keluarga besar TNI di manapun berada tetapi juga oleh segenap rakyat Indonesia,” ucap Presiden Jokowi dalam amanat yang dibacakannya.

ads

Kata Jokowi, perjalanan panjang sejak kemerdekaan RI hingga sekarang, TNI telah menjaga keutuhan wilayah NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, serta seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.

“Dalam sejarah panjang TNI, kontribusi TNI untuk bangsa dan negara bukan hanya melalui Operasi Militer untuk Perang (OMP) saja, tetapi juga melalui Operasi Militer Selain Perang (OMSP), yang dengan sigap membantu rakyat yang sedang menghadapi bencana alam, termasuk dalam menghadapi pandemi Covid-19 seperti sekarang ini,” terang Presiden.

Atas nama rakyat Indonesia, Presiden Jokowi menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada keluarga besar dan institusi TNI. Baik itu kepada para prajurit yang sedang bertugas maupun kepada para purnawirawan yang telah mewariskan institusi dan prajurit TNI, yang selalu berbakti untuk kemajuan negeri.

“Sebagai Panglima tertinggi Tentara Nasional Indonesia, Saya menaruh harapan besar dan selalu mendukung transformasi penguatan TNI,” pesan Presiden.

Usai melaksankan upacara HUT TNI ke-75, Presiden didampingi Wakil Presiden RI KH. Ma’ruf Amin dan sejumlah petinggi TNI, juga menyapa setiap prajurit yang bertugas untuk menjaga perdamaian dunia di Kongo dan di daerah perbatasan Indonesia, seperti di perairan Laut Natuna Utara, Saumlaki, Papua dan juga Satgas Pulau Sekatung, di Kecamatan Pulau Laut, Kabupaten Natuna.

Sementara untuk di Kodim 0318/Natuna sendiri, usai upacara para jajaran pimpinan FKPD dan Bupati Natuna, turut melakukan pemotongan nasi tumpeng dan kue HUT TNI ke-75. Sebelum akhirnya ditutup dengan acara ramah tamah, makan siang dan foto bersama.

Usai mengikuti upacara, Dandim 0318/Natuna Letkol Arm Asep Ridwan SH M.Han, mewakili masyarakat Natuna pulau terdepan Indonesia mengucapkan,

“Dirgahayu TNI ke-75, semoga TNI semakin kokoh menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kami rakyat Indonesia bangga akan kiprahmu, Maju terus pantang mundur dan TNI ke-75 sinergi untuk Negeri”, tegas Dandim. (rif)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!