- iklan atas berita -

Metro Times (Natuna) Babinsa Desa Cemaga Tengah, yang masuk Koramil 01/Ranai, Serda R Damanik, melaksanakan komunikasi sosial (komsos) dengan Bapak Salamun yang tidak lain Ketua Bumdes obyek wisata Geo Park Batu Kasah. Hal ini dilakukannya guna dalam rangka mensukseskan giat TMMD ke-110 tahun 2021 di Dusun Tanjung Sumedang Rt 03 Rw 01 Desa Cemaga Tengah Kec. Bunguran Selatan Kab. Natuna, Kamis (25/3).

Kepada Babinsa, Bapak Salamun menceritakan tentang asal usul obyek wisata Batu Kasah.

“Pada zaman dahulu ada seseorang yang bernama Tok Nyong yang sering melewati batu tersebut untuk pergi ke kebunnya,” ucap Salamun, memulai cerita kepada Babinsa.

Menurutnya, setiap kali Tok Nyong sering singgah di batu dan mengasah parang atau pisaunya.

“Nah, tempat itu disebut Batu Asah karena seperti itu. Asal namanya bukan Batu Kasah, akan tetapi Batu Asah,” ujarnya.

ads

“Untuk sekarang nama Pantai Batu Kasah itu adalah gabungan antara Batu Asah, Batu Hiu dan Pantai. Dan seiring berjalannya waktu, tempat ini dikenal dan populer di kalangan masyarakat adalah Batu Kasah,” imbuhnya.

Obyek wisata Geo Park Batu Kasah dibuka sejak tahun 2017. Sedangkan dana yang digunakan bersumber dari Dana Desa dan dana CSR. Luas dari obyek wisata Geo Park Batu Kasah kurang lebih 4 Ha.

“Arti dari Batu Kasah adalah sebuah batu yang besar pada zaman dahulu dijadikan untuk mengasah parang,” jelas Salamun, menceritakan tentang Batu Kasah kepada Babinsa.

Dijelaskannya, Batu Kasah dijadikan tempat wisata karena mempunyai daya tarik tersendiri karena pantainya yang bersih, lautnya yang biru bak cermin dan batu-batunya besar pemberian alam.

“Saat ini, obyek wisata ini dilengkapi seperti gazebo-gazebo, mushola, warung, toilet, dan masih banyak lagi,” crita Salamun.

Sementara Serda R Damanik menambahkan, kegiatan komsosnya ini adalah dalam rangka merajut dan memelihara tali silaturahmi, sekaligus mengenal lebih dalam beberapa tempat wisata di wilayahnya.

“Hanya menambahkan, obyek wisata Geo Park Batu Kasah dibuka hanya setiap hari Sabtu dan Minggu serta hari-hari tertentu saja. Tidak dibuka setiap harinya,” jelas Babinsa.

Dandim 0318/Natuna, Letkol Arm Asep Ridwan SH M.Han menekankan kepada setiap Babinsanya untuk selalu aktif berada di wilayahnya. Hal itu dilakukannya sebagai wujud nyata kepedulian TNI untuk membangun kerukunan dan toleransi dalam kehidupan bermasyarakat, salah satunya dengan melakukan silaturahmi dan komunikasi sosial. (rif)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!