- iklan atas berita -

Metro Times (Semarang) Sebagai komponen utama pertahanan negara, Kodam IV/Diponegoro selalu berupaya untuk membangun kesiapsiagaan prajurit dan satuan. Hal tersebut penting dilakukan agar para prajurit memiliki kecepatan dan segigapan bergerak dalam menghadapi setiap hakekat ancaman yang mungkin timbul.

Demikian penyampaian Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Mohaman Effendi, S.E., M.M., kepada para Pejabat Utama, Komandan Satuan (Dansat) dan Kepala Badan Pelaksanan (Kabalak) Kodam IV/Diponegoro di Ruang Rapat Bina Yudha Makodam IV/Diponegoro, Senin (4/2)

Lebih lanjut dijelaskan, kesiapsiagaan bukan hanya untuk menghadapi Pemilu 2019 yang sudah semakin dekat, tetapi juga menghadapi berbagai kemungkinan kontinjensi seperti bencana alam dan konflik sosial.

Seperti kita ketahui bersama, Indonesia berada di cincin api pasifik dan diantara pertemuan lempeng benua yang memiliki berbagai potensi bencana seperti gempa bumi letusan gunung berapi dan tzunami. Sedangkan perubahan iklim yang cukup ekstrim juga berdampak kepada terjadinya berbagai ancaman seperti tanah longsor, banjir, angin puting beliung, kekeringan, kebakaran dan lain-lain.

“Bencana datangnya tidak bisa diprediksi sehingga setiap satuan harus memiliki kesiapsiagaan untuk menghadapi berbagai kemungkinan ancaman sesuai dengan fungsi dan perannya masing-masing,” imbuhnya.

ads

Selain kesiapan personel, kesiapan materiil juga harus menjadi perhatian. Perlu sinergitas dan perlu adanya koordinasi antar personel dan antar instansi seperti dengan BPBD, SAR dan instansi terkait lainnya.

Ingat, tidak ada Supermen, tapi adanya Super Team. Kita perlu kerja sama dan sinergitas,” tegas orang nomor satu di Kodam IV/Diponegoro.

Hadapi setiap kemungkinan bencana yang terjadi secara bersama-sama, dan harus dipahami bahwa kehadirat aparat di tengah-tengah bencana adalah yang utama.

Jika Masyarakat susah, TNI selalu hadir di sana, namun tetap harus memperhatikan faktor keamanan,” pinta Pangdam.

Pada kesempatan tersebut, Pangdam juga berpesan agar setiap prajurit harus selalu mengikuti perkembangan situasi di lingkungan sekitarnya. Tingkatkan kewaspadaan dan lakukan temu cepat, lapor cepat agar dapat dilakukan deteksi dini dan cegah dini terhadap semua kemungkinan hakekat ancaman. (Daniel)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!