- iklan atas berita -

Metro Times (Semarang) – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) yang ke 78, Pengurus Takmir Masjid Syafruddin Plamongan Hijau Pedurungan Kidul Semarang menyelenggarakan kegiatan upacara bendera yang dilaksanakan di halaman TPQ Masjid Syafruddin, Kamis (17/8) pagi. Kegiatan upacara bendera dengan tema tahun ini “Terus Maju untuk Indonesia Maju” tersebut dimotori oleh Ikatan Remaja Masjid Syafruddin (Irmasyaf) diikuti oleh ratusan peserta.

Ratusan peserta upacara itu terdiri dari jamaah masjid, pengurus RW, RT dan warga sekitar perumahan Plamongan Plamongan Hijau, mereka berasal dari berbagai profesi dan lintas agama. Mereka mengikuti kegiatan dengan khidmat, Bapak-bapak menggunakan pakaian bernuansa putih dengan bersarung dan sebagian bercelana panjang, sementara Ibu-ibu menggunakan pakaian putih dan berhijab nuansa merah.

Bertindak sebagai pembina upacara KH. Drs. Chobirun Zuhdy, MPd yang juga merupakan Ketua Takmir Masjid Syafruddin dan sebagai pemimpin upacara Muhammad Faiq Alfikri yang merupakan anggota Irmasyaf. Dalam sambutannya pembina upacara mengajak para peserta upacara untuk tidak terlena dan bersama-sama menghadirkan perubahan yang nyata di tengah kemajuan yang tercapai saat ini. “Mari tingkatkan edukasi yang lebih baik, pengembangan teknologi, kesejahteraan rakyat, keadilan sosial dan membangun akhlaqul karimah,” ajak Chobirun.

Kiai Chobirun juga mengajak untuk menjaga nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa. Terlebih lagi, didepan mata kita akan menghadapi tahun politik, yakni; Pemilu 2024 dimana akan banyak berlalu lalang fitnah, berita hoax, dan ujaran kebencian yang dapat memicu perpecahan bangsa. “Tak peduli pendukung siapa, nomor berapa dan warna apa, kita tetaplah satu bangsa, satu tanah air dan satu tumpah darah,” tegasnya

Sementara itu, Ketua Irmasyaf, Yusa Dwi Nugroho menyampaikan, tujuan dilaksanakannya upacara bendera yang sudah berjalan rutin selama tiga tahun ini adalah untuk meningkatkan jiwa patriotisme dan nasionalisme bagi remaja dan generasi muda, lalu
menjaga nilai persatuan dan kesatuan bagi jamaah dan warga Plamongan Hijau serta meningkatkan semangat ukhuwah dan cinta tanah air sesuai nilai-nilai ajaran islam. “Kegiatan upacara bendera ini juga sebagai sarana menyambungkan hubungan silaturahmi antara generasi tua dan generasi muda dalam bermasyarakat,” ucap Yusa

ads

Salah satu peserta upacara, Octo Tilarso, warga RT 2 RW 8 menuturkan, kegiatan ini harus dilestarikan karena menjadi penyemangat bagi orang tua untuk menjaga persatuan dan nasionalisme dalam bingkai religiusitas. “Jujur, saya bangga karena masih ada generasi muda berbasis remaja masjid yang mempunyai jiwa patriotisme untuk menjaga rasa cinta tanah air,” ungkapnya.

Untuk diketahui upacara bendera dimulai pada pukul 07.00 WIB dan selesai pada pukul 08.30 WIB. Rangkaian upacara yang dilaksanakan meliputi pengibaran bendera merah putih, menyanyikan lagu Indonesia raya dan lagu-lagu perjuangan lainnya, pembacaan teks proklamasi, UUD 1945 dan Pancasila. Upacara ditutup dengan doa dan menyanyikan mars Hubbul wathon minal iman. Seluruh petugas upacara merupakan remaja Masjid Syafruddin dengan mengenakan sarung dan peci. (af).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!