- iklan atas berita -

Metro Times (Surabaya) – Guna menjamin kelancaran pasokan  Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Liquid Petrol Gas (LPG) selama Lebaran 2018,  Pertamina Marketing Operation Region V (MOR V) wilayah Jawa Timur , Bali dan Nusa Tenggara meluncurkan tim Satuan Tugas (Satgas) Penyaluran BBM dan LPG Idul Fitri 1439 H .

GM Pertamina MOR V, Ibnu Chouldum menjelaskan, Tim Satgas ini dimulai pada tanggal 30 Mei 2018 hingga 28 Juni 2018, dan beroperasi di kantor Pertamina MOR V, seluruh Terminal BBM, Depot LPG Filling Plant hingga Depot Penyaluran Pesawat Udara (DPPU) dengan waktu operasional selama 24 jam.

Ibnu Chouldum melanjutkan, tugas utama Tim ini untuk  memantau kondisi penyaluran, mengawasi stok BBM dan LPG di setiap SPBU serta Agen LPG, serta mengkordinasikan segala aktivitas distribusi BBM dan LPG bersama Hiswana Migas dan Kepolisian setempat.

“Mulai pagi tadi kita sudah kick off Tim Satgas Rafi atau Ramadan Idul fitri yang akan bertugas selama 24 jam. Tim Satgas merupakan salah satu bukti komitmen Pertamina terhadap kelancaran pasokan bagi masyarakat, khususnya para pemudik selama arus mudik lebaran. Koordinasi tim satgas di masing-masing lokasi didukung dengan peninjauan ke lapangan akan menjadi salah satu agenda utama tim tersebut agar masyarakat senantiasa mudah mencari BBM ketika perjalanan mudik,” ujar Ibnu ketika menggelar press conference di kantor Pertamina, Rabu (30/5).

ads

“Ini akan terjadi H – 10 Lebaran, oleh karena itu akan kami siapkan Mobile Storage sebanyak 12 unit yang akan disiapkan disekitar SPBU terutama wilayah tapal kuda di Jawa Timur, begitu BBM habis, kita siap isi,” katanya.

Pertamina memprediksi puncak arus mudik Idul Fitri 1439 H akan terjadi pada tanggal 9 – 10 Juni 2018, sementara itu beberapa titik di Provinsi Jawa Timur yang diperkirakan akan cukup ramai pada masa mudik antara lain Kabupaten Madiun, Mojokerto, Wilangan, Kertosono, dan Ngawi.

Mengantisipasi terjadinya peningkatan konsumsi BBM di titik-titik tersebut, Pertamina telah menyiapkan berbagai sarana untuk menambah Kelancaran dan ketersediaan BBM bagi para pemudik antara lain Mobile Storage, KIOSK hingga Motorist Bahan Bakar Khusus (BBK) yang tersebar di ruas tol maupun non tol.

“Selain memperkuat stok di SPBU, kami pun telah mensiagakan Mobile Storage di 11 titik SPBU yang diprediksi ramai dikunjungi para pemudik. KIOSK juga telah siap beroperasi di 8 titik di rest area Tol Ngawi, Kertosono hingga Mojokerto dan tidak lupa hadirnya Motorist akan menambah kenyamanan para pemudik dalam melakukan perjalanan,” papar Ibnu.

Motorist ini berupa kendaraan roda dua yang modifikasi sedemikian rupa sehingga bisa memuat BBM jenis Pertamax dan Dex berkapasitas tiga tanki, masing-masing sebanyak 10 liter. Motorist oleh Pertamina MOR V akan disiapkan sebanyak 25 unit disebar dibebeberapa titik rawan macet.

Pengguna jalan juga bisa menggunakan jasanya dengan menghubungi hotline 1500 000 atau ke posko satgas MOR V di (031) 8492400 serta melalui email ke [email protected]. Program dan kegiatan Pertamina selama bulan Ramadhan juga dapat terus dipantau melalui akun media sosial (Instagram dan twitter) dengan follow @pertaminamor5.

Sedangkan untuk LPG kemasan 3 kilogram, Pertamina MOR V memprediksi terjadinya peningkatan konsumsi rata-rata sebesar 7% dari konsumsi normal dari 94.679 Metric Ton (MT) per bulan menjadi 101.307 MT per bulan.

“Konsumsi LPG Non Subsidi Bright Gas 55 kilogram Bright Gas 12 Kg, dan LPG 12 kg) di Jawa Timur juga diprediksi mengalami peningkatan menjelang idul Fitri sebesar 9% dari 4.593 MT per BuIan menjadi 5.006 MT per bulan,” ujarnya.

Untuk menjaga ketersediaan stok di lapangan, Pertamina juga melakukan beberapa langkah intensif mulai dari Built Up stok di storage, agen hingga pangkalan LPG. Pertamina juga telah membentuk 237 Agen Siaga dan 2426 Pangkalan Siaga di Wilayah Jawa Timur yang akan beroperasi setiap hari khususnya ketika libur Hari Raya idul Fitri 1439 H. (nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!