Pilkades Serentak, 62 Desa Rawan Konflik

0
442
- iklan atas berita -

 

Metro Times Kendal – Polres Kendal telah memetakan beberapa wilayah yang rawan terjadi konflik di Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Kabupaten Kendal tahun 2020 yang akan digelar di 199 desa di Kabupaten Kendal pada rabu 18 Maret 2020 besuk.

“Polres Kendal telah memetakan sedikitnya ada 62 desa yang dikategorikan rawan terjadi gesekan. Daerah yang rawan ini berada di wilayah atas seperti Sukorejo, Boja dan sekitarnya,” kata Kapolres Kendal AKBP Ali Wardana, S.H., S.I.K., M.M. saat apel gelar pasukan pengamanan yang diselenggarakan di halaman Stadion Utama Kendal, Selasa (17/3/2020).

Dikatakan Kapolres, dari pemantauan intelijen ada 62 desa yang masuk kategori rawan karena tempatnya jauh dan pernah ada konflik sebelumnya.

Sebagai langkah pengamanan yang harus dilakukan, Polres Kendal menurunkan setidaknya 1370 personel gabungan dalam pengamanan Pilkades Serentak Tahun 2020 di Kabupaten Kendal.

ads

“Untuk penempatan personel dalam pengamanan, jika kategori aman maka akan ada dua personel di tiap desa, sedangkan jika dikategorikan rawan maka untuk pengamanan ditambah sembilan orang dan juga perkuatan dari TNI. Dalam pengamanan ini Polres Kendal juga mendapatkan bantuan personel dari polres lain yang akan ditempatkan di polsek, balai desa dan tiap-tiap TPS,” jelasnya.

“Untuk mengatasi kerawanan, akan ditempatkan anggota sesuai dengan kebutuhan. Ada penembalan di polsek, dan ada juga perkuatan bantuan Brimob di tiap rayon,” tambah Kapolres.

Kekuatan Brimob disiagakan di tiga rayon, yakni Rayon Boja meliputi wilayah Singorojo, Boja, dan Limbangan, Rayon Sukorejo untuk wilayah Sukorejo, Pageruyung, Patean, dan Plantungan, serta Rayon Kendal yang meliputi wilayah Pantura Kendal.

Terkait dengan pengerahan personel pengamanan, Polres Kendal menurunkan sebanyak 590 personel pengamanan. Disamping itu ditambah bantuan personel dari Brimob Polda Jawa Tengah sebanyak 100 personel, Dit Sabhara Polda Jateng sejumlah 100 orang dan 780 personel dari Polres samping diantaranya Polres Jepara, Polres Grobogan, Polres Boyolali, Polrestabes Semarang, Polres Semarang, Polres Salatiga, Polres Demak, Polres Batang, Polres Pekalongan, Polres Pekalongan Kota dan Polres Temanggung.

Hadir dalam apel gelar pasukan diantaranya Dandim Kendal Letkol Inf. Ginda Muhammad Ginanjar, Ka Kesbanglinmas Kabupaten Kendal Marwoto dan Ka Sat Pol PP Kab. Kendal.(Gus)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!