Polres Kendal Launching Aplikasi Yang Pertama Kali Ada di Jateng Cegah Penyebaran Covid 19

0
374
- iklan atas berita -

 

Metro Times Kendal – Polres Kendal melakukan terobosan baru guna menekan angka penyebaran virus corona di Kabupaten Kendal dengan melaunching sebuah aplikasi yang pertama kali ada di Jawa Tengah.

 

Kapolres Kendal AKBP Raphael Sandhy Cahya Priambodo mengatakan, terobosan baru dilakukan Polres Kendal untuk mengimpelentasikan perintah Presiden dalam upaya menekan angka kasus covid 19.

 

ads

“Melalui aplikasi Kendal Siaga diharapkan menambah kesadaran warga untuk mematuhi protokol kesehatan dan mendeteksi warga yang positif covid untuk tetap menjalani isolasi mandiri,” kata Kapolres saat launching aplikasi Kendal Siaga dan mensosialisasikan aplikasi kepada kepala desa se-kecamatan Cepiring di balaidesa Karangayu Kecamatan Cepiring, Kamis (28/01/2021).

 

“Aplikasi ini akan bermanfaat bagi masyarakat dan petugas, karena berisi informasi seputar covid 19 di Kabupaten Kendal. Tidak hanya itu ada notifikasi kepada petugas apabila ada masyarakat yang positif covid 19 dan menjalani isolasi mandiri keluar dari zona,” jelasnya.

 

Aplikasi ini, lanjutnya, juga dapat mengecek keberadaan dan status warga yang menjalani karantina sehingga mudah dalam pemantauan.

 

“Melalui giat launching aplikasi Kendal Siaga ini diharapkan dapat menambah kesadaran masyarakat untuk semakin mematuhi pentingnya protokol kesehatan. Sehingga terhindar dari covid-19 dan penyakit lainnya. Perlu kita ketahui bersama bahwa penyebaran covid-19 ini tidak bisa diperangi secara orang per orang, akan tetapi kita harus bersinergi antara aparatur pemerintah dengan masyarakat bergotong-royong bersama-sama,” imbuh kapolres.

 

Kapolres juga menuturkan, situasi yang berkembang saat ini di tengah wabah covid-19 banyak isu sara atau hoax yang tersebar melalui dunia maya seperti sosial media.

 

Kapolres menghimbau kepada seluruh masyarakat agar lebih pandai dan bijak dalam mencerna setiap berita yang diterima.

 

Sementara itu Bupati Kendal terpilih Dico M Ganinduto mengapresiasi peluncuran aplikasi ini. Nantinya kedepan akan diselaraskan dengan program pemerintah daerah sehingga bisa bersama-sama mencegah penyebaran covid 19 di Kendal.

 

“Ini program yang sangat inovatif diera digital, kedepan akan diintegrasikan dengan program pemkab sehingga bisa bersama-sama dengan masyarakat memberikan keterbukaan informasi dalam upaya menekan angka positif covid 19,” katanya.

 

Sedangkan Kepala Desa Karangayu Cepiring Ahmad Riyadi menyambut dengan senang aplikasi ini.

 

“Dengan aplikasi ini kita bisa mendeteksi masyarakat yang terkena covid 19 agar bersama-sama dengan warga mencegah penularan,” ujarnya.

 

Kades menuturkan, hingga kini masih ada 5 warganya yang terkonfirmasi covid 19 dan pemerintah desa sudah memberikan imbauan agar warga tetap mengedepankan protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak dan selalu mencuci tangan.

 

Selain peluncuran aplikasi Kendal Siaga, juga diberikan penghargaan kepada pemenang lomba desa siaga. Juara pertama diraih Desa Purwokerto Kecamatan Brangsong, juara dua Desa Tambaksari Kecamatan Rowosari dan juara ketiga Desa Karangayu Kecamatan Cepiring.(Gus)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!