- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Kepolisian Polres Purworejo menggelar Apel Gelar Pasukan keselamatan candi dipimpin langsung oleh Kapolres Purworejo AKBP Indra Kurniawan Mangunsong, yang berlangsung di halaman depan Mapolres Purworejo pada 29 April 2019 pagi.

Apel dilakukan guna meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat di bidang keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas di wilayah hukum Polres Purworejo.

Peserta apel terdiri atas personel Polres Purworejo, TNI Kodim 0708, dan Dinas Perhubungan Kabupaten Purworejo. Pada apel gelar pasukan ini dilakukan pemasangan pita tanda operasi oleh pimpinan apel pada perwakilan personel Polri, TNI, dan Dinas Perhubungan.

Kapolres Purworwjo AKBP Indra Kurniawan Mangunsong membacakan amanat dari Kepala Korps Lalu Lintas Irjen Drs Refdi Andri, M.Si. yang berisi tujuan dari Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2019 yakni meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas di jalan raya, meminimalisasi pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas, menurunnya tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas, meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap Polri dengan terbentuknya opini positif dan citra tertib dalam berlalu lintas, dan terwujudnya situasi kamseltibcarlantas jelang bulan suci ramadhan 2019.

ads

Hal tersebut merupakan beberapa point yang kompleks dan tidak bisa ditangani oleh
Polantas sendiri, melainkan sinergitas antar pemangku kepentingan menjadi sangat mendasar dalam menemukan akar masalah dan solusinya yang diterima dan dijalankan oleh semua pihak.

Pada pelaksanaan Operasi Keselamatan Lalu Lintas Tahun 2019 kali ini ada beberapa pelanggaran yang menjadi sasaran berpotensi menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas yakni melawan arah lalu lintas, tidak menggunakan helm SNI, menggunakan telepon selular saat mengemudi, tidak mengenakan sabuk keselamatan, berboncengan lebih dari satu orang, dan mengendarai kendaraan belum cukup umur.

“Operasi akan dilaksanakan mulai hari juga 29 April 2019 hingga dua minggu kepan dan dilaksanakan di titik-titik yang digunakan semua jalur di Kabupaten Purworejo. 85 personil gabungan yang diawaki oleh Satlantas Polres Purworejo ini nantinya tidak akan stationer, namun hunting dalam melaksanakan tugas tersebut,” kata Kapolres.

Apel gelar pasukan ini dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personel maupun sarana pendukung lainnya, sehingga kegiatan operasi dapat berjalan dengan optimal dan dapat berhasil sesuai dengan tujuan serta sasaran yang telah ditetapkan.

Di ahir sambutannya Kapolres Purworejo menyampaikan penekanan dan arahan untuk pedoman dalam pelaksanaan tugas Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2019 yaitu senantiasa bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, jaga keselamatan dalam pelaksanaan tugas, tingkatkan disiplin anggota dan hindari nepotisme, demi terwujudnya masyarakat yang tertib dan patuh hukum dalam berlalu lintas.

Sementara itu Kasat Lantas Polres Purworejo, AKP Nyi Ayu Fitria Facha menambahkan bahwa pelaksanaan operasi akan berlangsung setiap hari terhitu sejak hari ini 29 April 2019 hingga dua minggu kedepan.

Dikatakan Nyi Ayu, jumlah kecelakan pada tahun 2017 ada 21 lakalantas, dengan korban meninggal dunia berjumlah 5 orang, namun di tahun 2018 jumlah lakalantas meningkat, tetapi untuk korban meninggal dunia menurun dratis.

“Di 2018 hanya korban luka-luka, yang meninggal dunia sama sekali tidak ada. Atau menurun 100%, pelaksanaan operasi akan dilakukan setiap hari,” kata Nyi Ayu. (dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!