- iklan atas berita -

Metro Times (Blitar) – Para alim ulama, santri dan para alumni, menyelenggarakan Haul Romo KH. Shodiq Damanhuri yang ke 30. Selain para santri dan alumni hadir, juga ratusan warga masyarakat turut hadiri dalam Haul Akbar di Pondok Pesantren APIS .yang beralamatkan di Desa Gondang Kec. Gandusari Kab. Blitar.  Rabu (22/11).

Pondok Pesantren “APIS Sanan Gondang” adalah sebuah lembaga pendidikan Islam yang berbasis salaf yang didirikan oleh Romo Kyai Muhammad Djamhuri, yang terkenal dengan nama KH. Shodiq Damanhuri atau juga Kyai Sanan.

Toha Mobatir Ketua JMC menjelaskan, Haul ini ada beberapa rangkain acara agenda ini ,setiap satu tahun sekali jadi mulai kita laksanakan hari selasa diawali dengan genduri bersama dimakam beliau makam yang bersebelahan dengan  pondok ini dan yang hadir sekitar lima ratus penduduk ambengan, kita genduri bersama seperti orang jawa itu.

ads

Lanjutnya, terus hari selasa pagi itu mengempulkan alumni-alumni yang mondok dari awal berdirinya pondok sampai sekarang dan sudah tamat waktu tanggal 21 hari selasa  itu kita kumpulkan ada reuni ada pengajian alumni itu terkumpulan dalam IKPS Ikatan Keluarga Pesantren SALAFIYYAH, ada empat ribu sampai enam ribu lima ratus  yang tamat dari sini dan ada mulai dari Lumajang, Banyuwangi, Sumatra, dan daerah-daerah lain yang pernah menuntut ilmu di sini.

“Kali ini haul akbar ke 30 ada perbedaan dari sebelumnya.  Ada pembacaan surat wasiat KH. Shodiq Damanhuri yaitu pesan moral untuk para santri dan alumni yaitu antara lain menjauhkan diri dari faham-faham yang mengajarkan radikalisme dan meningkatkan afalan-afalan yang diberikan selama di pondok pesantren apis,”ucap Toha Mobatir.

” Pondok Pesantren APIS sanan gondang di dalam Pilgub 2018 kami netral, tetapi kami berharap dan mendukung Gus Ipul untuk melanjutkan Jatim 1. Guru kami Romo KH. Imam yang juga menjabat Dewan Suro PKB, yakin Gus Ipul bisa membawa Jawa Timur lebih baik lagi,” pungkasnya. (nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!