- iklan atas berita -

Metro Metro (Purworejo) Kabupaten Purworejo kembali meraih prestasi membanggakan di tingkat nasional. Kali ini meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2020 Kategori Utama yang diterima oleh Bupati Purworejo RH Agus Bastian SE MM pada acara penyerahan yang dilakukan secara virtual, Rabu (13/10/2021).

Purworejo menjadi satu dari 266 pemerintah kabupaten/kota yang menerima penghargaan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) ini. Penghargaan APE yang terdiri dalam empat kategori, yakni kategori pratama, kategori madya, kategori utama, kategori mentor.

Menteri PPPA Titi Eko Rahayu SE MAP mengungkapkan, penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi bagi kementerian/lembaga, serta pemda yang dianggap berhasil dalam mengimplementasikan Pengarusutamaan Gender (PUG) didalam program dan kegiatannya.

Dikatakan, dalam mengevaluasi hasil pembangunan yang berprespektif gender digunakan beberapa indikator. Diantaranya Indeks Pembangunan Gender (IPG) dan Indeks Pemberdayaan Gender (IDG) sebagai indikator dampak.

“Pemantauan terhadap pelaksanaan strategi PUG juga dilakukan dengan menggunakan indikator-indikator yang dapat mengukur pelaksanaan PUG serta dengan melihat aspek kelembagaan dan implementasi dari tujuh prasyarat PUG,” terangnya.

ads

Menurutnya, upaya-upaya menuju kesetaraam gender adalah strategi yang seharusnya melandasi pembangunan di negeri ini, dengan memberdayakan semua masyarakat baik perempuan maupun laki-laki. Sehingga dapat keluar dari kemiskinan dan meningkatkan taraf hidup yang berujung pada peningkatan perekonomian sebuah negara.

“APE merupakan ukuran untuk melihat kemajuan pembangunan yang berorientasi pada pembangunan berkeadilan gender, sekaligus melakukan gambaran implementasi terhadap upaya-upaya yang telah dilakukan atas usaha-usaha pelaksanaan PUG,” imbuhnya.

Bupati Purworejo Agus Bastian saat ditemui usai acara mengatakan, pihaknya akan terus berupaya agar pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak dapat terus diterapkan dengan baik. Dengan harapan kedepan dapat lebih meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Purworejo.

“Kita akan terus berupaya sebaik mungkin. Insya Allah dimasa yang akan datang kita akan meraih penghargaan dengan kategori tertinggi yakni kategori mentor,” ujarnya. (dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!