- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Seluruh elemen masyarakat di Purworejo sepakat untuk menahan diri dan tidak terburu-buru merayakan kemenangan sebelum ada keputusan resmi hasil Pemilu dari Komisi Pemilhan Umum (KPU) pusat. Kesepakatan itu ditunjukkan dalam acara Komitmen Bersama Masyarakat Kabupaten Purworejo Pasca Pemilu 2019 yang difasilitasi Polres Purworejo di Auditorium Mapolres Purworejo, Senin (22/4).

Kegiatan diikuti perwakilan semua partai politik, TKN Daerah Capres-Cawapres 01 dan BPN Daerah Capres Cawapres 02, tokoh masyarakat, tokoh agama, pimpinan Ormas, serta elemen masyarakat terkait lainnya. Secara khusus, TKN Daerah yang diwakili Luhur Pambudi Mulyono dan BPN Daerah yang diwakili Reko Budiyono, menyampaikan komitmennya secara bergantian. Dilanjutkan pembacaan deklarasi dan penandatanganan komitmen oleh seluruh peserta.

Hadir Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM, Kapolres AKBP Indra Kurniawan Magunsong SH SIK MM, Dandim Letkol Inf Muchlis Gasim SH MSi, Kepala Kejari Alex Rahman, Ketua Pengadilan Sutarno, Ketua KPU Dulrokhim, serta Ketua Bawaslu Nur Kholiq.

Kapolres AKBP Indra Kurniawan mengungkapkan bahwa kegiatan Komitmen Bersama merupakan inisiatif dari Polres Purworejo untuk kembali memperarat jalinan persatuan antarpeserta pemilu atau simpatisannya. Dengan adanya komitmen bersama diharapkan seluruh elemen tersebut tidak melakukan selebrasi kemenangan yang berlebihan, sepeti konvoi atau memobilisasi massa, sebelum ada keputusan resmi dari KPU pusat.

Menurutnya, sementara ini belum ada perayaan di Purworejo di tengah maraknya perayaan kemenangan di sejumlah daerah lain. Sebagai antisipasi, pihaknya sudah memerintahkan kepada jajarannya untuk tidak memberikan izin jika ada yang meminta.

ads

“Baik tim Paslon Capres Cawapres maupun Parpol. Jadi semuanya. Untuk Caleg kalau syukuran kecil-kecilan lima orang ya tidak ini lah, tapi yang sifatnya dalam jumlah besar belum kita izinkan. Nanti setelah ada pengumuman dari KPU pusat baru kita berikan izin,” ungkapnya.

Bupati Agus Bastian mengapresiasi upaya Polres untuk menjamin kondusivitas melalui komitmen bersama. Pihaknya berharap, komitmen tersebut dapat betul-betul dilaksanakan dan seluruh elemen masyarakat dapat menahan diri untuk tidak merayakan kemenangan secara berlebihan.

“Saya yakin, masyarakat Purworejo tidak terkontaminasi daerah-daerah lain,” tandasnya. (dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!