- iklan atas berita -

 

 

Metro Times (Magelang) Ada pemandangan yang berbeda saat melihat di sawah Dusun Gendungan Desa Kalibening Kecamatan Dukun, tampak seorang anggota TNI dengan pakaian dinas sedang memanen  mentimun dan kol kembang, Senin (17/09).

Adalah Sersan Mayor Eka Widiyanta yang kesehariannya berdinas di Koramil 15/Dukun Kodim 0705/Magelang, memanfaatkan waktu luang setelah berdinas, di sore hari ia menanam aneka macam sayuran antara lain cabai bangkok, mentimun dan kol kembang di lahan seluas 1,5 m3 miliknya dengan sistem tumpang sari. Menurutnya dengan sistem ini lebih menguntungkan karena masa panennya bisa bergantian jadi tidak langsung habis.

Awalnya sempat ragu untuk memulai bertani, tetapi dengan modal pengetahuan tentang pertanian yang dimilikinya ia nekat bercocok tanam dan saat ini Eka Widiyanta sudah mulai memetik hasilnya.

ads

Tidak disangka, usahanya ini membuahkan hasil yang sangat memuaskan, untuk harga ditingkat petani, mentimun dihargai Rp 2000/kg, kol kembang Rp 3000/kg sedangkan untuk cabai bangkok masih menunggu kurang lebih 1 bulan lagi untuk panen sedangkan harga cabai bangkok saat ini dihargai Rp 10.000/kg.

Pada kesempatan tersebut Eka Widiyanta mengatakan, harapan saya para petani bisa memanfaatkan sawah atau lahan kosong untuk ditanami berbagai macam tanaman atau sayuran sehingga bisa untuk mendukung ekonomi keluarga serta bisa menciptakan kemandirian pangan.

“Sangat disayangkan apabila kita memiliki lahan tetapi tidak kita dimanfaatkan dengan baik, karena untuk harga sayuran pada musim ini harganya sangat bagus” terang Serma Eka Widiyanta.

Untuk petani di wilayah Kecamatan Dukun rata-rata sudah memiliki pengetahuan yang bagus di bidang pertanian, tinggal memotivasi mereka agar tetap semangat dalam bertani, untuk mendukung itu semua peran aktif Babinsa dan PPL sangat penting.

Menurut Eka, dari modal yang dipergunakan untuk bertani ia masih menerima keuntungan yang bisa dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan keluarga sehari-hari.

“Alhamdulillah masih ada sisanya dan bisa dipergunakan untuk biaya sekolah anak” tambah Serma Eka.

Sementara Suyono (40) warga Dusun Kalibening Kulon yang sawahnya berdekatan dengan sawah Eka mengatakan, bahwa kegiatan yang dilaksanakan pak Eka sangat positif sekali, warga sekitar bisa bertanya cara bercocok tanam agar bisa menghasilkan panen yang bagus seperti miliknya.

Istarto PPL Desa Kalibening mengatakan, bahwa pendampingan yang dilaksanakan oleh Babinsa maupun PPL adalah untuk menciptakan kemandirian pangan petani serta untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan petani. Untuk mendukung itu semua sering kita adakan penyuluhan dan praktek di lapangan untuk memberikan bekal dan pemahaman kepada petani. (Arif)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!