Sidak TPS, Pelaksanaan Pencoblosan Dihimbau Terapkan Prokes Ketat

0
519
Forkompimda Kendal dan Tim Desk Pilkada Kendal Sidak ke sejumlah TPS, selasa (8/12)
- iklan atas berita -

Metro Times Kendal – Meminimalisir terjadinya klaster baru dalam pelaksanaan pemungutan suara pada 9 Desember besok, Sekretaris Daerah (Sekda) Kendal, Muh Toha menghimbau agar di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) menerapkan protokol kesehatan ketat seperti mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak.

Hal ini disampaikan Muh Toha saat sidak di TPS 5 Desa Darupono Kecamatan Kaliwungu Selatan bersama Forkompimda dan Tim Desk Pilkada Kendal, selasa (8/12/2020).

“Himbauan kita sampaikan mengingat angka covid-19 di Kabupaten Kendal masih tinggi,” kata Muh Toha.

Muh Toha menyampaikan, dalam pelaksanaan pemungutan suara, pihak Satgas Penanganan Covid-19 Kendal, melarang penggunaan TPS di tempat tertutup.

Ditegaskan, di TPS 5 Desa Darupono yang menggunakan ruang kelas sekolah dasar (SD) dalam pelaksanaan pemungutan suara dihimbau agar membuka semua jendela ruang kelas.

ads

“Di TPS ini masih tertutup, jadi kita minta besok semua jendela-jendela harus dibuka,” jelasnya.

Dengan model TPS yang berada dalam ruang tertutup, imbuhnya, dia menghimbau agar setiap dua jam sekali, petugas KPPS istirahat. “Jangan sampai ada kejadian bersamaan dengan orang banyak dalam lokasi tertutup lebih dari dua jam, karena tingkat penyebaran virus corona sangat tinggi dengan kondisi seperti itu. Ini saya akan langsung koordinasikan dengan Camat,” ungkapnya.

Untuk menghindari kerumunan warga yang berada di luar TPS, dirinya menyampaikan bahwa dari petugas TPS telah melaporkan kepada dirinya bahwa, dalam pelaksanaan pemungutan suara dilakukan dengan penjadwalan. Sedangkan untuk antisipasi keamanan, pihak pemerintah daerah telah berkoordinasi dengan TNI dan Polri serta mengerahkan ribuan Linmas yang akan bertugas di setiap TPS.

Sementara itu, Kapolres Kendal AKBP Raphael Sandhy Cahya Priyambodo menegaskan, dengan berkoordinasi dengan KPU dan Bawaslu, Polres Kendal siap melaksanakan tugas pengamanan Pilkada Kendal tahun 2020.

Dikatakan, jajaran Polres Kendal mengerahkan sedikitnya 710 personel yang akan ditugaskan menjaga 2.242 TPS.

“Kriteria mana saja TPS yang aman dan rawan sudah kita petakan,” ungkapnya.

Petugas keamanan dari Polres Kendal, katanya, sebelum menjalankan tugasnya telah menjalani rapid tes dan swab. Hal ini dilakukan untuk memastikan kondisi kesehatan para petugas keamanan dari Polres Kendal.

“Alhamdulillah, semua anggota kami hasilnya negatif,” imbuhnya.

Kapolres berharap masyarakat tidak perlu takut dan khawatir untuk datang ke TPS karena jajaran Polri siap mengamankan jalannya Pilkada Kendal.

“Mudah-mudahan pelaksanaan pemilihan bupati dan wakil bupati Kendal tahun 2020 berjalan aman, damai dan sehat,” pungkasnya.(Gus)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!