- iklan atas berita -
Joko Hartono Kalisman Kepala SKAI Bank bjb.

Metro Times (Bandung) – Apa yang sering terdengar apabila Tim SKAI ( Satuan Kerja Audit Intern )  melakukan pemeriksaan ke kantor cabang, yaitu sering disebutkan sebagai petugas yang mencari kelemahan Kantor Cabang dan kelemahan tersebut dijadikan kesalahan bagi Kantor Cabang. Sehingga sering SKAI disebut petugas watch dog “ pengawas yang galak”.

“Apakah harus seperti itu untuk menjadikan semangat bagi Kantor Cabang untuk menjalankan kinerjanya menjadi lebih baik dan berkualitas ?,” tanya Joko Hartono Kalisman Kepala SKAI Bank bjb.

Hal tersebut tentu tidak baik dan bahkan menjadi momok bagi kantor cabang untuk meneruskan kinerja, Lanjut Joko Hartono Kalisman, kekhawatiran apabila bisnis yang dieksekusi mengandung risiko tinggi, padahal secara target dituntut untuk tercapai namun secara sisi lain harus berhati – hati karena adanya watch dog, secara prosedur tetap mengacu kepada ketentuan yang berlaku di Unit Bisnis yang selalu menjadi acuan.

“Kondisi tersebut menjadi pemikiran saat saya menjabat sebagai Kepala SKAI di kantor pusat Bank bjb di Bandung yang dipercayakan Manajemen Bank bjb, setelah saya meninggalkan jabatan lama sebagai CEO regional V di Surabaya dan Pemimpin Divisi KPR dan KKB, untuk melakukan transformasi peranan SKAI yang dinamakan “ Marketing Audit “, tutur Joko Hartono Kalisman.

ads

Marketing tidak hanya dimiliki oleh bisnis, tetapi audit bisa menjadi marketing karena tugas sebenarnya audit adalah menjaga asset bank berkualitas dan berprofit sesuai harapan manajemen.

“Saya setiap ke kantor cabang bank bjb melakukan marketing audit melalui sosialisasi audit dengan mengenalkan peranan audit sebagai mitra strategi bisnis ( business strategic partner ), konsultan dan catalyst, sehingga dengan peranan audit tersebut akan menjadi sinergi dan memahami kantor cabang bahwa SKAI adalah mitra yang semangati kinerja kantor cabang untuk meraih bisnis yang tumbuh dengan baik, berkualitas dan laba yang sesuai dengan targetnya,” papar Joko Hartono Kalisman.

Marketing audit terus dilakukan walaupun di bulan Ramadhan. Karena ini bulan puasa dilakukan sambil ngabuburit ( jalan – jalan sambil menunggu waktu berbuka puasa ) ke beberapa kantor cabang, diantaranya kantor cabang Surabaya, Makasar, Bali, Daan Mogot, Cirebon, Indramayu, PekanBaru, Palembang, Lampung dan lainnya.

Demikian Marketing Audit yang terus dilakukan sampai pemahaman ini dapat dimengerti dengan seksama oleh kantor cabang.

Dan pada bulan Ramadhan ini, Joko Hartono Kalisman, Kepala SKAI Bank bjb mengucapkan, “ Taqabbalallahu minna wa mingkum “ Selamat Hari Raya Idul Fitri 1440 H.
(nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!