Sosialisasikan Sensus Penduduk Dengan Ngopi Bareng

0
476
- iklan atas berita -

 

Metro Time (Kendal) Pemerintah Kabupaten Kendal sosialisasikan Sensus Penduduk 2020 Mencatat Indonesia dengan Ngobrol Pagi Penuh Inspirasi (Ngopi) Bareng Bupati Kendal di Stadion Utama Kendal, Jawa Tengah, minggu (6/10/2020).

 

Disosialisasikannya sensus penduduk tersebut, agar masyarakat di Kabupaten Kendal dapat mengetahui adanya program sensus penduduk 2020.

 

ads

“Sudah direncanakan nantinya para pengurus Rukun Tetangga (RT) akan dilatih, sehingga mereka dapat mensosialisasikan dan memperbaharui data warganya masing-masing,” kata Sekda Kendal, H. Moh Toha.

 

Ia menjelaskan, pada sensus kali ini akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumya, karena pada tahun millennial ini Sensus Penduduk cukup menggunakan android, dan sebenarnya data kependudukan sudah ada di Disdukcapil yang sudah online, namun persoalanya terkadang aparatur dibawahnya kurang aktif dalam memperbaharui data, sehingga ada perbedaanya.

 

Harapannya Sensus Penduduk pada tahun 2020 bisa cocok antara data yang ada dengan cara BPS akan mengambil data kependudukan yang ada di Disdukcapil sebagai data awal, kemudian dicocokan pada data nyata di lapanga.

 

Acara tersebut juga diisi dengan sesi dialog tanya jawab, antara masyarakat dengan para pejabat terkait.

 

Muhammad Dwi Santoso, dari SMK Bina Utama Kendal menanyakan ketika ada data statistik yang tidak sesuai, apa dampak negatifnya.

 

Sekda Kendal Moh Tohamenjawab, Sensus Penduduk adalah untuk mengevaluasi data-data yang belum benar, dan pada Februari nanti akan dilakukan Sensus Penduduk dengan cara menggunakan andoit sehingga data yang belum benar bisa dirubah dan disesuaikan.

 

Jika data-data di Kabupaten Kendal ini sangat banyak dan tidak valid, maka akan menyesatkan, sehingga saat Pemerintah Kabupaten Kendal membuat program dan kegiatan akan banyak salah sasaran.

 

Sementara itu, Bupati Kendal, dr. Mirna Annisa, M.Si., diakhir acara menuturkan, bahwa kegiatan ini akan menambah ilmu yang mungkin sebelumnya belum tentu dipahami, maka, dengan adanya pertemuan seperti ini akan menambah pemahaman pentingnya sensus penduduk saat ini, dan meminta kepada seluruh masyarakat Kendal yang hadir untuk bisa menyampaikanya kepada keluarga.

 

“Jadikanlah ini sebagai pola kebiasaan mendaftarkan diri kita, agar kita dapat dikenali dengan detail nama dan alamat lengkap saat ini, jangan sampai orang-orang tidak mengenali diri kita karena belum pernah didata,” katanya. (Gus)

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!