- iklan atas berita -

MetroTimes(Jakarta)Banyak nya reaksi terhadap sidang perdana Kasus Dugaan Penodaan Agama (Bukan Penistaan) dengan Terdakwa Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok baik di luar Persidangan maupun di Media Sosial Facebook dan Twitter Bahkan Artis Rachel Maryam merespon Tangisan Ahok pada saat membacakan nota Pembelaan di Persidangan.

Cuitan rachel Maryam di Twitter @cumarachel

Melalui akun twitternya, ‏@cumarachel, Rachel semula menyindir dengan mengatakan,  lagi nonton #SidangAhok kok tiba-tiba keinget lagu “Kau bukan yg dulu lagi.. Kau bukan dirimu lagi..” Kenapa ya?

Tak begitu lama kemudian, dia menulis status lagi:  “Orang ini bilang gak takut kehilangan jabatan.Bahkan pernah bilang gak takut mati krn pasti masuk surga.Tp di persidangan nangis. Siapa dia?”

Begitu juga dengan Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah “Kalau saya jadi Ahok juga nangis,” kata Fahri di Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta, Selasa (13/12/2016).

Fahri sendiri enggan berkomentar banyak soal persidangan kasus Ahok. Namun dirinya mengaku tidak setuju sidang Ahok terbuka untuk umum. Alasannya bila persidangan dilangsungkan terbuka, dikhawatirkan akan mengganggu independensi hakim.

ads
Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah

“Kalau pengadilan sudah jalan, saya enggak mau komentar tapi harus ada perasaan keadilan dan hukum. Itu yang paling penting bagi masyarakat sekarang,” ucap politisi PKS tersebut.

“Saya sendiri enggak setuju sidang terbuka, karena mengganggu independensi majelis hakim. Enggak boleh sikap hakim dan jaksa, mendapat intimidasi atau tekanan. Maka pengadilan harus dibikin penutup,” imbuhnya.

Sementara diluar sidang massa Ormas Islam terus berorasi di depan gedung eks PN Jakpus. Bahkan mereka menjadikan tangisan Ahok saat sidang sebagai hal yang Lucu.

Hal itu diucapkan oleh Sekjen Forum Umat Islam, Muhammad Al Khotot saat dirinya keluar dari persidangan. Ia naik ke atas mobil dan berorasi di hadapan massa.

“Anda ingin mendengar persidangan? Jadi seperti ini, Ahok katanya besar dari keluarga TNI, dari keluarga tentara. Ternyata menangis di persidangan. Ini lucu,” ujar Muhammad yang disambut dengan cibiran massa.

“Itu Air Mata Buaya. Orang bohong seperti itu. Betul apa betul?” ungkapnya lagi.

Sidang yang di mulai dari pukul 09.00 WIB hingga Pukul 12.00 WIB siang tadi. Massa dari berbagai Ormas Islam sudah mulai berdatangan dari pukul 07.00 WIB , sementara pihak Kepolisian telah melakukan pengaman di sejumlah titik rawan hingga 4 Ring.

Saat membacakan nota keberatan, suara Ahok memang sempat bergetar dan menangis. Terutama ketika menceritakan riwayat hidupnya. Dia lahir dari pasangan keluarga nonmuslim di Belitung Timur Indra Tjahaja Purnama (almarhum) dan Buniarti Ningsing. Dia kemudian diambil menjadi anak angkat keluarga muslim asal Bugis, Makassar, Sulawesi Selatan, Haji Baso Amir.

Suara Ahok tertahan ketika menceritakan kisahnya merawat sang ibu angkat saat sakit hingga ke pemakaman. “Saya seperti anak tak tahu berterima kasih apabila saya tidak menghargai agama dan kitab suci orang tua angkat saya, dan beliau adalah pemeluk Islam yang sangat taat,” kata Ahok, kali ini suaranya bergetar.
“Haji Baso Amir, kata Ahok, adalah adik kandung mantan Panglima Angkatan Bersenjata Indonesia Jenderal (Purn) M Jusuf. “Ayah kandung dan ayah angkat saya bersumpah untuk bersaudara sampai akhir hayat,” kata Ahok saat membacakan pidato keberatan di bekas gedung Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Selasa (13/12/2016).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!