- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Purworejo, Nur Kholiq SH SThI MKn mengundurkan diri dari jabatannya tersebut. Langkah itu diambil menyusul terpilihnya dia sebagai komisioner Bawaslu Kabupaten Purworejo dan dipercaya menjadi ketua untuk periode 2018 – 2023.

Pengunduran diri tersebut disampakan dalam rapat pleno yang digelar pengurus PWI Kabupaten Purworejo, kemarin. Pengajuan pengunduran diri tersebut bisa diterima dan langsung dilanjutkan rapat pleno pemilihan ketua PWI yang baru. Jumat (24/8/18).

Wartawan senior dari SKH Kedaulatan Rakyat, Gunarwan SE secara aklamasi dipilih menggantikan Kholiq. Jabatan Sekretaris tetap dipercayakan kepada Lukman Khakim (Purworejo Ekspres) dan Bendahara dipercayakan kepada Budi Agung Jatmiko (Radar Jogja). Hasil rapat pleno tersebut dituangkan dalam berita acara dan akan segera disampaikan ke PWI Provinsi Jawa Tengah untuk mendapatkan Surat Keputusan.

Dalam kesempatan itu, Kholiq menjelaskan, dirinya terpilih menjadi salah satu di antara lima orang komisioner Bawaslu Kabupaten Purworejo periode 2018 – 2023 yang diumumkan 14 Agustus 2018 lalu. Selanjutnya 15 Agustus 2018 dilantik bersama seluruh Bawaslu Kabupaten/Kota se Indonesia oleh Ketua Bawaslu RI Abhan di Jakarta.

ads

“Sesuai ketentuan, komisioner Bawaslu tidak diperkenankan menjadi pengurus organisasi, baik berbadan hukum maupun tidak. Pengunduran diri ini bagian dari pelaksanaan komitmen yang sudah saya tandatangani saat mendaftar,” katanya.

Kholiq menjelaskan, sesuai dengan ketentuan UU Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu, lembaga pengawas di tingkat kabupaten/kota bukan lagi ad hoc. Namun berubah menjadi permanen dengan masa tugas lima tahun. Nomenklaturnya juga berubah dari semula Panwaslu menjadi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Jumlah komisionernya juga bertambah dari semula tiga orang menjadi lima orang. Kelima orang tersebut adalah Nur Kholiq SH SThI MKn yang dipercaya sebagai Ketua dan Koordinator Divisi (Kordiv) Penindakan, Rinto Hariyadi SSos I Kordiv Hukum Data dan Informasi, Ali Yafie SSy Kordiv Penyelesaian Sengketa, Anik Ratnawati SPd Kordiv Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga, dan Abdul Aziz SPd Kordiv SDM dan Kelembagaan.

“Setelah dilantik, kami langsung bekerja melanjutkan kegiatan-kegiatan pengawasan tahapan Pemilu 2019 yang sudah berjalan. Kami akan bersinergi dengan semua stakeholders terkait untuk mengawal dan memastikan terselenggaranya Pemilu di Kabupaten Purworejo secara demokratis,” paparnya.

Terkait dengan sinergi dengan media, Kholiq menegaskan bahwa Bawaslu akan sangat membutuhkan kerjasama dengan media sebagai mitra kerja yang sangat strategis. Pasalnya, media menjadi instrumen yang sangat penting dan memberikan kontribusi besar untuk kesuksesan pelaksanaan Pemilu, utamanya di bidang pengawasan.

“Bawaslu Kabupaten Purworejo akan terus menjalin kerjasama itu, termasuk secara kelembagaan dengan PWI. Juga organisasi profesi wartawan lainnya yang ada di Kabupaten Purworejo,” tandasnya.

Ketua PWI Kabupaten Purworejo yang baru  Gunarwan SE menyatakan kesiapannya untuk menjalin kerjasama dengan Bawaslu Kabupaten Purworejo.

“Kerja-kerja jurnalistik itu kan senafas juga dengan kerja-kerja Bawaslu. Tentu dengan senang hati PWI menyambut dengan terbuka kerjasama kemitraan ini mengawal kesuksesan Pemilu di Kabupaten Purworejo,” katanya. (Daniel)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!