Metro Times (Purworejo) Anggota tim Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Purworejo, Eka Yulistia Asih M berhasil terpilih menjadi peserta terbaik dalam Pendidikan dan Pelatihan Pemadam Kebakaran Kualifikasi Pemadam I yang digelar oleh Balai Pengembangan Kompetensi Satuan Polisi Pamong Praga dan Pemadam Kebakaran Kementerian Dalam Negeri.

Ditemui awak media di kantor Satpol PP dan Damkar Kabupaten Purworejo, Jumat (20/5), Eka mengungkapkan bahwa dalam Diklat tersebut dirinya merupakan 1 dari 11 peserta perempuan. “Jumlah pesertanya 90 orang anggota Damkar dari berbagai daerah di Indonesia. Mayoritas laki-laki. Yang perempuan cuma 11 orang, termasuk saya,” terangnya.

Namun demikian, dalam Diklat tersebut ia justru yang terpilih sebagai peserta terbaik pertama. Mengalahkan peserta lain yang didominasi oleh kaum laki-laki. “Di akhir pelatihan diumumkan tiga orang peserta terbaik, yang pertama saya dari Purworejo, terbaik II dari Bogor dan yang terbaik ke III adalah peserta dari Temanggung,” katanya.

Diakuinya, selama Diklat yang digelar selama satu minggu itu para peserta memang dituntut untuk mengikuti rangkaian ujian dengan kedisiplinan yang tinggi dan dengan kondisi fisik yang kuat. Selain itu, para peserta juga dituntut untuk memiliki knowledge yang baik, attitude dan skill.

“Tiga point itulah yang dinilai oleh penyelenggara dan alhamdulillah saya terpilih menjadi peserta terbaik dalam Diklat tersebut,” terangnya.

Kepala Satpol PP dan Damkar Purworejo, Haryono mengatakan bahwa prestasi anggota Damkar dalam Diklat Pemadam Kebakaran bukan pertama kali diraih oleh anggotanya. Dalam Diklat Pemadam Kebakaran Pusdiklat Ciracas, peserta asal Damkar Purworejo atas nama Fais Festari juga berhasil meraih predikat peserta terbaik dalam kategori Manajemen Kebakaran Bangunan Gedung.

“Prestasi tersebut menunjukkan bahwa kapasitas SDM anggota Damkar Purworejo sudah cukup baik. Terbukti dalam diklat yang digelar secara nasional, ternyata peserta dari Purworejo mampu meraih predikat peserta terbaik,” tandasnya.

Haryono berharap, prestasi tersebut menjadi motivasi anggota yang lain untuk terus mengasah skill yang dimilikinya agar ke depan semakin profesional. Disampaikannya, saat ini Damkar Purworejo memiliki 38 anggota Tim Damkar. 34 orang telah mengikuti diklat. Sisanya akan segera menyusul untuk diikutkan pada diklat berikutnya. “Sertifikat Diklat Damkar ini sangatlah penting sebagai penanda profesionalitas petugas pemadam kebakaran,” katanya.

Diakuinya, meski secara kualitas sudah cukup baik namun dari sisi kuantitas masih kurang memadai. “Harapannya ke depan dapat terus ditambah secara berkala. Termasuk peningkatan fasilitas dan peralatan tim damkar,” katanya. (dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini