- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan kondisi cuaca di Kabupaten Purworejo secara umum berlangsung cerah dan cukup bersahabat selama masa mudik hari raya Idul Fitri 2024.

Kendati demikian, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Purworejo, Haryono tetap mengimbau para pemudik tetap waspada mengingat perubahan cuaca setiap saat bisa terjadi.

“Sebagai antisipasi gangguan kerawanan, cuaca terus menjadi pemantauan kami. Saat ini ada anomali cuaca, namun Alhamdulillah secara umum cuaca Purworejo cukup bersahabat. Anomali cuaca terjadi di Purworejo wilayah utara,” kata Hariyono, Senin (8/4).

Ia menjelaskan bahwa, intensitas hujan yang berkurang di wilayah Purworejo terjadi lantaran pergerakan yang cukup kencang di wilayah selatan. Pergerakan angin berpengaruh terhadap intensitas hujan namun disisi lain hal itu akan sangat berpengaruh terhadap ketinggian gelombang di wilayah pesisir laut selatan Purworejo.

Haryono mengimbau warga yang akan menikmati masa libur hari raya di pantai selatan agar berhati-hati. Mengingat angin kencang akan mendorong gelombang laut pantai selatan bergerak pada situasi diatas rata-rata.

ads

“Wajib waspada, di seluruh pantai selatan untuk saat ini situasinya sama. Gelombang air laut sangat tinggi bisa mencapai tiga hingga empat meter,” kata dia lagi.

“Tidak perlu mandi-mandi di laut, karena situasi sangat berbahaya. Cukup berkunjung dan menikmati pantai dari tepian. Kondisinya sangat berisiko terhadap kecelakaan laut,” imbuhnya.

Haryono mengutarakan, dalam rangka menekan angka kecelakaan di pantai, jauh sebelum hari raya BPBD Purworejo sudah mengumpulkan seluruh kelompok sadar wisata (Pokdarwis) di pantai selatan. Mereka diberikan edukasi serta arahan agar turut serta dalam mencegah kecelakaan laut saat masa liburan.

“Jangan sampai persiapan para pengelola wisata dipersoalkan ketika terjadi insiden. Papan imbauan perlu ada, termasuk pemasangan jalur-jalur evakuasi,” sebut Haryono.

Selama masa libur lebaran, lanjut Haryono, BPBD telah mempersiapkan tim yang akan bergerak memantau situasi di seluruh obyek wisata pantai selatan.

“Tim mobile akan selalu siap. Mereka akan bergerak memantau seluruh obyek wisata,”pungkasnya.(dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!