- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Bupati Purworejo Agus Bastian berkunjung ke Desa Piji di Kecamatan Bagelen, Selasa (18/2). Ikut hadir Wakil Ketua DPRD Frans Suharmaji, Kepala Dinpermasdes Agus Ari Setiyadi dan sejumlah pimpinan OPD, Bupati hadir untuk meresmikan Gedung BUMDes Harapan Jaya Desa Piji Kecamatan Bagelen, Kabupaten Purworejo.

Bupati juga didampingi oleh Ketua TP PKK Purworejo Ny Fatimah Verena Prihastyari disambut pertunjukan kesenian Jathilan Turonggo Seto oleh warga. Sebelum meresmikan BUMDes, Bupati sempat meninjau Penyedian Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) yang dikelola BUMDes Desa Piji.

Kepala Desa Piji, Ismail menjelaskan jika luas wilayah Piji seluas 2298 hektar yang sebagian besar merupakan lahan pertanian dengan sistem tadah hujan.

‘Mayoritas petani yang menggantungkan adanya air. Mudah-mudahan nanti dalam pembangunan Bendungan Bener dapat cepat rampung, sehingga Purworejo khususnya Bagelen dapat menikmati air yang diidamkan,” kata Ismail.

Dikatakan Ismail, gedung BUMDes Harapan Jaya dibangun tahun 2019 menggunakan dana DD sebesar  Rp 160.183.000. BUMDes tersebut selama ini difungsikan dalam pengelolaan air melalui Pamsimas yang dibangun awal thn 2012. Hingga saat ini yang menggunakan Pamsimas 313 pelanggan.

ads

Kendala yang sering dihadapi terkait pompa air yang sering rusak. Dirinya berharap, pemkab dapat memberi bantuan dalam pengadaan sumur bor.

Selain itu, Desa Piji masih kekurangaan saluran irigasi. saat ini, masih ada sekitar 2000 meter belum terbangun. Warga Piji juga masih banyak yang belum memasang listrik.

“Kalau boleh kami minta bantuan sumur bor dan peralatannya, agar bisa melayani kebutuhan air semua Desa Piji,” ujar Ismail.

Bupati saat memberikan sambutan mengatakan jika dirinya merasa senang bertemu masyarakat karena ini merupakan kunjungan pertama dirinya ke Desa Piji.

“Dengan datang saya jadi tahu apa yang dibutuhkan Desa Piji sehingga bisa kita masukkan dalam program pembangunan kita,” ujarnya.

Dengan hadirnya  BUMDes Harapan Jaya yang mengelola Pamsimas, diharapkan dapat memenuhi kebutuhan air Desa Piji. “Tadi saya juga dapat laporan dari Pak Lurah, apa yg diminta Pak Lurah akan kami upayakan dalam program kedepan,” imbuhnya.

Bupati juga berharap seluruh warga Desa Piji bersama ibu-ibu PKK dapat meningkatkan perekonomian warga dengan berbagai kegiatan BUMDes.

“Dengan hadirnya BUMDes ini mudah-mudahan dapat meningkatkan pendapatan asli desa yang bisa digunakan untuk kegiatan dan pembangunan Desa Piji. Mudah-mudahan BUMDes Harapan Jaya dapat Jaya memenuhi kebutuhan warga Piji,” pungkasnya.

Kegiatan ini masuk dalam rangkaian kegiatan Bupati Saba Desa (BSD) di Kecamatan Bagelen. Usai dari Desa Piji, Bupati dan rombongan melanjutkan perjalanan ke tujuan akhir yakni Desa Soko pusat pelaksanaan BSD.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!