Metro Times (Purworejo) Hadiri kegiatan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) Otonomi Expo Tahun 2022 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan pada Rabu (20/7) kemarin, Bupati Purworejo H.Agus Bastian mengatakan bahwa produk-produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kabupaten Purworejo memiliki banyak variasi baik kulinernya maupun kerajiannya. Bahkan beberapa produk memiliki ciri khas khusus, hal ini tentu harus dikembangkan dan dipromosikan untuk meningkatkan perekonomian daerah. Harapannya produk-produk UMKM Purworejo dapat go internasional.

Dikatakan, peran Purworejo dalam even expo ini sangat strategis sebagai salah satu wahana untuk mempromosikan produk-produk UMKM. Apalagi even yang bertaraf nasional ini diikuti semua kabupaten se Indonesia.

“Saya ingin Purworejo kedepan akan bisa menampilkan produk-produk UMKM andalan yang selama ini sudah di produksi oleh warga masyarakat Purworejo. Termasuk stan pamerannya dipersiapkan semenarik mungkin,” kata Bupati didampingi Plt Kabag Ekonomi dan Sumber Daya Alam Setda Kabupaten Purworejo Yunita Dewi Onggowati, dan perwakilan Bank Jateng Cabang Purworejo Wahyu Aji Prasetyo.

Sementara itu Yunita Dewi Onggowati menjelaskan, kegiatan dalam rangka mengikuti Apkasi Otonomi Expo 2022 ini, Purworejo menampilkan produk-produk unggulan Kabupaten Purworejo antara lain batik tulis, geblek, lanting, kopi dan produk unggulan lainya. Tujuan mengikuti ekpo untuk mempromosikan produk-produk unggulan Kabupaten Purworejo guna merangsang pertumbuhan perenokomian di Purworejo. “Seperti yang diharapkan Bapak Bupati semoga kedepan produk unggulan UMKM bisa masuk ke expor,” ujarnya.

Ditambahkan kegiatan mengikuti expo ini juga didukung Bank Jateng cabang Purworejo, yang selama ini sebagai mitra pemerintah daerah Kabupaten Purworejo. Expo dilaksanakan selama 3 hari mulai Rabu-Jum’at (20 – 22/7). “Hampir semua produk diminati pengunjung, seperti kerajinan batik dan kerajinan kulit berupa sepatu, sabuk, langsung menghubungi UMKM via online. Sampai pagi ini Kamis (21/7) yang mengunjungi stan Purworejo mencapai sekitar 300 an orang. Ini menunjukkan produknya menarik,” tambahnya.

Wahyu Aji Prasetyo mengatakan, Bank Jateng cabang Purworejo akan mendukung kegiatan pemerintah daerah terutama dalam meningkatkan kualitas UMKM. Melalui kegiatan expo ditingkat nasional ini, diharapkan dapat memberikan pengetahuan kepada masyarakat luas tentang produk UMKM Kabupaten Purworejo. Bank Jateng ikut berperan serta dalam menumbukankembangkan UMKM yang ada di Kabupaten Purworejo dengan cara memberikan pinjaman berbunga lunak. Juga melakukan pendampingan kepada UMKM yang ada di Kabupaten Purworejo. (dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini