- iklan atas berita -

 

 

Metro Times (Surabaya) – Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Dankodiklatal) Laksda TNI Nurhidayat melantik dan mengambil sumpah 213 Prajurit TNI AL strata Bintara dalam program Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) TNI AL Angkatan ke 39 gelombang 2 TA 2019 yang dilaksanakan di Lapangan Laut Maluku Kesatrian Bumimoro Kodiklatal Surabaya.

Ke 213 Siswa Dikmaba tersebut terdiri 178 orang pria dan 35 orang Siswa Dikmabawan, untuk selanjutnya setelah pengambilan sumpah dan pelantikan para Bintara baru tersebut akan melanjutkan pendidikan Dasar Golongan dan Kejuruan di tiga Komando Pendidikan (Kodik)di bawah Kodiklatal yakni Kodikopsla, Kodikdukum dan Kodikmar.

ads

Komando Pendidikan Operasi Laut (Kodikopsla) yang berlokasi di Ujung, Surabaya akan dididik 50 Bintara unuk menjadi pelaut yang handal. Di Kodikopsla ini akan mendidik Korps Navigasi, Bahari, korps Komunikasi korps Artileri dan Korps Senjata Bawah Air, yang akan menempuh pendidikan di Pusdikpel.

Sedangkan Komando Pendidikan Dukungan Umum (Kodikdukum) yang berlokasi di Bumimoro mendidik siswa paling banyak yakni 80 orang siswa. Ke-80 orang ini akan mengikuti pendidikan di beberapa Pusdik dibawah Kodikdukum antara lain Pusdiktek 10 orang mendidik Korps Mesin, Listrik, teknik, Pusdikbanmin 30 orang mendidik korps Suplay , Jasmani dan Kejuruan Musik, Pusdiklek mendidik 10 orang korps kejuruan Ede, Ekl, Esa, Etk dan PDK. Pudik Pomal mendidik 10 orang korps Polisisi Militer dan Pusdikkes dengan kejuruan 10 orang kejuruan Para medis .

Komandan Kodiklatal Laksda TNI Nurhidayat dalam sambutanya menyampaikan ucapan selamat atas keberhasilan para siswa dalam menyelesaikan pendidikan dasar keprajuritan dan dasar golongan di Puslatdiksarmil selama 5 bulan, sehingga berhak mengikuti pelantikan sekaligus penyumpahan bintara TNI AL dengan pangkat sersan dua.

Dankodiklatal berharap pendidikan di Puslatdiksarmil dapat berhasil mengubah pola pikir, pola sikap dan pola tindak serta siap dikembangkan dalam pendidikan tahap dasar golongan lanjutan di pusdik-pusdik sesuai kejuruan masing-masing

Sedangkan kepada para siswa Dankodiklatal berharap agar mempertahankan kondisi fisik dan mental yang sudah baik. Selain itu agar memulai belajar untuk berpikir dan bertindak cerdas, karena status para siswa nantinya sebagai bintara tulang punggung kesatuan

Disisi lain disampaikan bahwa perkembangan lingkungan strategis yang sangat dinamis, tidak hanya membutuhkan alutsista yang modern, namun sumber daya manusia TNI AL sebagai pengawak organisasi harus unggul, maju dan profesional dalam pelaksanaan tugas

Kepada Komandan Puslatdiksarmil khususnya komandan sekolah bintara beserta seluruh staf instruktur dan pembimbing siswa, Dankodiklatal mengucapkan terima kasih dan penghargaan atas terlaksananya program pendidikan tahap dasar keprajuritan dan dasar golongan dengan lancar sesuai rencana

Sedangkan Kepada komandan Kodikopsla, Kodikdukum dan komandan Kodikmar, beserta para komandan pusdik terkait, dirinya berharap dapat melaksanakan program pendidikan tahap dasar golongan lanjutan dengan sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggung jawab tanpa mengorbankan kualitas hasil lulusan. (nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!