MetroTimes (Surabaya) – Sebanyak 200 siswa Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) angkatan XLI/2 kejuruan Infanteri Marinir T.A. 2021 Komando Pendidikan Marinir (Kodikmar) Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan Angkatan laut (Kodiklatal) mengikuti pembukaan Dikmaba yang dilaksanakan di Lapangan Kesatrian Marinir Ewa Panggalila, Gunungsari, Surabaya. Senin (28/03/2022).

Upacara pembukaan siswa Dikmaba angkatan angkatan XLI/2 kejuruan Infanteri Marinir tersebut secara dibuka langsung oleh Komandan Komando Pendidikan Marinir (Dankodikmar) Brigadir Jenderal TNI (Mar) Ili Dasili, S.E. selaku Inspektur Upacara dan dihadiri oleh para Danpusdik, kepala departemen, komandan sekolah dan perwira menengah di jajaran Kodikmar, yang ditandai dengan pernyataan resmi pembukaan, penyematan tanda siswa serta amanat Irup.

Dalam sambutannya Dankodikmar menyampaikan bahwa pendidikan diikuti ini merupakan tahap dasar golongan lanjutan, dengan tujuan mendidik para siswa bintara Prajurit Karier TNI AL kejuruan Marinir yang berjiwa Sapta Marga untuk dapat melaksanakan tugas sebagai prajurit Korps Marinir. Selain itu, agar siswa dapat memiliki kualitas mental, moral, intelektual dan motivasi, dedikasi yang tinggi, kemampuan dan keterampilan melaksanakan operasi darat serta operasi amfibi baik secara taktik maupun teknik pasukan pendarat.

Selain itu, Dankodikmar berpesan agar para siswa meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, pegang teguh Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI, siapkan mental dan fisik yang prima, perhatikan semua petunjuk dan perintah dari pelatih maupun pembimbing siswa, yakin bahwa siswa dididik dan dilatih menjadi prajurit yang berkemampuan untuk melaksanakan tugas Korps Marinir, serta jangan melakukan pelanggaran sekecil apapun.

Lebih lanjut Komandan berpesan bahwa dengan berpedoman kepada enam penekanan tersebut, para siswa dapat menyelesaikan pendidikan ini dengan baik dan lulus menjadi prajurit Korps Marinir yang profesional, dicintai rakyat dan menjadi prajurit petarung Korps Marinir yang siap bertugas di semua palagan untuk kedaulatan negara dan bangsa.

“Hidup adalah pilihan, menjadi prajurit petarung Korps Marinir adalah pilihan hidup, jangan sekali-kali ragu, selanjutnya saya mengucapkan selamat belajar dan berlatih,” pungkas Dankodikmar. (nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini