- iklan atas berita -

METRO TIMES ( Ambon ) TNI Angkatan Laut. Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Mayjen TNI (Mar) Nur Alamsyah, S.E., M.M., M. Tr. Han., didampingi Danlantamal IX Ambon Brigadir Jenderal TNI (Mar) Said Latuconsina, M.M., M.T., dan Forkopimda Maluku melaksanakan Panen Raya dan penanaman bibit Jagung di Lahan Lantamal IX Telaga Kodok, Dusun Karang-karang, Desa Poka, Teluk Ambon, kota Ambon. Jumat (03/06/2022)

Telaga Kodok adalah aset lahan resmi milik TNI AL dalam hal ini Lantamal IX Ambon yang sudah bersertifikat, berlokasi di Desa Karang-karang, Desa Poka, Teluk Ambon, kota Ambon, dengan lahan seluas 49 Hektar, yang dulunya merupakan lahan tidur. Kegiatan tersebut juga merupakan kelanjutan dari panen raya perdana yang sudah dilaksanakan oleh Lantamal IX Ambon pada hari Selasa, 24 Mei 2022 lalu.

Aspotmar Kasal dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, sudah mengamanatkan untuk memberikan perintah untuk melaksanakan kegiatan pembinaan ketahanan pangan terutama dalam rangka untuk mengatasi, membantu kesulitan masyarakat di sekitarnya terutama dalam hal pangan.

“Dalam hal ini, TNI AL melaksanakan kegiatan pembinaan potensi maritim yang merupakan kegiatan teritorial, karena Angkatan Laut kita lebih banyak bermain di pesisir dan di lautan, tapi Komandan Lantamal ini luar biasa sehingga sudah mulai merambah ke gunung”, tambah Aspotmar Kasal.

“Saya ucapkan terima kasih dan apresiasi tinggi apa yang sudah dikerjakan oleh Lantamal IX Ambon dalam hal ini Danlantamal IX dan para anggotanya, saya berharap bisa memberikan nilai lebih kepada masyarakat di sekitar sini untuk kesejahteraan dan untuk ketahanan pangan pada utamanya”, tutur Mayjen TNI (Mar) Nur Alamsyah.

ads

Panen raya tersebut juga sebagai bentuk kontribusi Lantamal IX Ambon terhadap pertanian Indonesia dalam menjaga ketahanan pangan nasional, salah satunya pada komoditas
jagung, sesuai dengan program yang dicanangkan oleh Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo.

Selain mendukung program pemerintah dalam pemulihan ekonomi nasional di kota Ambon, tujuan kegiatan ini merupakan wujud dari Lantamal IX Ambon membuka lapangan kerja bidang pertanian, melindungi dan melestarikan alam, membangun sektor pariwisata dan pendidikan di kota Ambon bidang pertanian dan perkebunan.

Dalam sambutannya Asisten III Gubernur Ibu Habibah Saimima yang mewakili Gubernur Maluku Irjen Pol (Purn) Murad Ismail, menyampaikan bahwa atas nama pemerintah daerah provinsi Maluku menyampaikan ucapan selamat datang dan memberikan penghargaan yang tinggi kepada Aspotmar Kasal yang berkenan berkunjung ke provinsi Maluku.

“Merupakan hal positif bagi kami karena bapak dapat melihat secara langsung situasi dan kondisi serta berbagai permasalahan pertahanan dan pembinaan teritorial wilayah laut di Provinsi Maluku sehingga dapat dijadikan sebagai referensi dalam penetapan kebijakan pembinaan pertahanan laut di Provinsi Maluku”, tutur beliau.

Pemerintah Maluku juga memberikan apresiasi yang tinggi kepada Danlantamal IX Ambon beserta jajaran yang telah menginisiasi program penanaman komoditas tanaman pangan dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan masyarakat di Provinsi Maluku, menindaklanjuti kebijakan Kepala Staf Angkatan Laut dalam pembinaan potensi maritim dengan memanfaatkan potensi dan komoditas yang ada di daerah dan secara langsung melibatkan petani penggarap lokal yang tentunya akan membangun kesadaran masyarakat terutama petani di Provinsi Maluku.

“Kami berharap agar program pemberdayaan masyarakat melalui pemanfaatan lahan dengan penanaman komoditas pangan lokal yang telah dilaksanakan oleh Lantamal IX Ambon ini dapat dikembangkan juga di seluruh wilayah provinsi Maluku dan menjadi role model bagi instansi lain untuk turut serta mewujudkan ketahanan pangan di Provinsi Maluku”, tutup Asisten III Gubernur Maluku.

Acara kemudian dilanjutkan dengan kegiatan panen raya jagung, penyerahan bantuan dari Pertamina Regional Wilayah Kota Ambon berupa alat-alat pertanian, penyerahan bantuan sembako kepada perwakilan masyarakat dan sesi foto bersama.

Turut hadir dalam kegiatan Aspotmar Kasal beserta Ketua Cabang 6 Gabungan Mabesal Ny. Ayu Alamsyah, Danlantamal IX Ambon beserta Ketua Korcab IX DJA III, Asisten III Provinsi Maluku mewakili Gubernur Maluku, Kabakamla Zona Maritim Wilayah Timur, Ka BNNP Provinsi Maluku, Kabasarnas Provinsi Maluku, Danguspurla Koarmada III, Wadan Lantamal IX, Danlanud Pattimura, Sekretaris Kota Ambon, Aster Kodam XVI Pattimura, Para Asisten Danlantamal IX dan para Kasatker Lantamal IX, Rektor Unpatti, Rektor Universitas Darusalam, Rektor IAIN Ambon, Rektor Universitas Muhammadiyah, Kadis pertanian kota Ambon, Para Pengurus Jalasenastri Korcab IX DJA III, Para Tokoh Masyarakat, Para Tokoh Agama, Para Tokoh Pemuda, Para petani lokal Desa Telaga Kodok.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!