- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Kabupaten Purworejo masuk dalam daftar salah satu kabupaten dengan tingkat kerawanan Pemilu yang tinggi. Bahkan Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah ini bertengger di peringkat 18 Kabupaten paling rawan se Indonesia.

Hal tersebut nampaknya bukan isapan jempol belaka. Pelanggaran demi pelanggaran terus terjadi dalam pelaksanaan Pemilu 2024 ini.

Bawaslu Kabupaten Purworejo mencatat terjadi sejumlah pelanggaran soal netralitas aparatur desa. Tak hanya itu, ada salah seorang Caleg di Purworejo yang melibatkan anak-anak dalam kampanyenya.

“Pidananya di Baawaslu sudah selesai dan sekarang kita limpahkan ke Penyidikan, sekarang sedang proses di kepolisian,” kata Rinto Hariyadi Komisioner Bawaslu Purworejo Koordinator Devisi Penanganan Pelanggaran Pemilu, Selasa (16/1/2024).

Rinto menjelaskan, Caleg tersebut diduga melakukan tindak pidana karena telah melibatkan anak-anak dalam kampanye. Terkait hal tersebut Caleg diduga melanggar Pasal 280 ayat (2) huruf k UU Pemilu dan Ketentuan Pidana Pemilu Pasal 493 UU Pemilu.

ads

“Iya yang sudah kita tangani tersebut adalah seorang Caleg,” kata Rinto.

Menurut Rinto salah satu aktor dari konten tersebut diduga adalah anak dari salah satu Caleg DPRD Kabupaten Purworejo. Anak tersebut dengan jelas mengajak masyarakat untuk memilih Caleg dalam Pemilu 2024 di akun media sosial.

Rinto menambahkan, selain soal pelanggaran pidana, pihaknya juga sedang memproses sejumlah pelanggaran administrasi di 16 Kecamatan yang ada di Kabupaten Purworejo.

“Rekapannya untuk kasus Pidana satu, kemudian pelanggaran perundangan yang lain itu ada dua kasus, kemudian pelanggaran administratif ada 16,” tambah Rinto.

Sementara itu, Koordinator Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) Kabupaten Purworejo Lukman Hakim menyebut, Kabupaten Purworejo menyimpan potensi ledakan kerawanan pada Pemilu serentak yang akan digelar pada 14 Februari 2024 mendatang.

“Sesuai indeks kerawanan pemilu (IKP) yang dikeluarkan Bawaslu, Purworejo menduduki rangking 18 dari 514 kabupaten/kota di Indonesia. Ini luar biasa, Purworejo sekilas terlihat tenang, adem tapi ternyata kita punya potensi kerawanan yang tinggi ,”kata Lukman. (dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!