- iklan atas berita -

Metro Times (Semarang) Plt Walikota Semarang Ir Hj Hevearita G Rahayu, M.Sos mendorong pengurus komite sekolah agar berperan aktif dalam mensukseskan program Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) pada satuan-satuan pendidikan (Satpen) di kota Semarang.

“Kami berharap pengurus komite sekolah pada masing-masing satpen di kota Semarang ikut mendorong kepala sekolah dan para guru dalam mensukseskan program IKM,” kata Plt Walikota Semarang yang akrab dipanggil panggil bu Ita.

Bu Ita mengatakan hal itu saat menyampaikan sambutan dan membuka kegiatan Up Grading Komite Sekolah bertema; “Peran Serta Masyarakat Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka SD, SMP, SMA, SMK Kota Semarang” yang diselenggarakan Dewan Pendidikan Kota Semarang (DPKS) di aula Gedung Moh Ikhsan komplek Balaikota Semarang, Jum’at (11/11)

Menurut Bu Ita, melalui program IKM itu diharapkan dapat meningkatan kualitas dan mutu pendidikan di kota Semarang. Untuk mewujudkan hal itu perlu dilakukan kerjasama dari semua pihak.

Karena, lanjutnya, IKM dapat dilaksanakan dengan baik dan maksimal jika dilakukan secara gotong royong atau bersama-sama oleh semua pihak, termasuk di dalamnya komite sekolah sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

Dia menambahkan, tidak mungkin IKM dapat direalisasikan tanpa adanya kerjasama berbagai pihak. Dengan bekerjasama itu, maka kendala-kendala yang muncul akan bisa cepat diselesaikan. “Kami (Pemkot Semarang, red) minta kepada Dinas Pendidikan agar selalu berkoordinasi dengan Dewan Pendidikan dan menyusun daftar list tentang berbagai persoalan yang menjadi kendala dalam melaksanakan IKM untuk dijadijkan acuan dalam mengatasinya,” pintanya

Ketua DPKS, Dr Drs Budiyanto, SH, M.Hum mengatakan melalui kegiatan Up Grading ini diharapkan dapat meningkatkan peran serta masyarakat, dalam hal ini komite sekolah dan terwujudnya jalinan komunikasi yang intensif, aktif, kreatif antar DPKS dengan Komite Sekolah (SD, SMP, SMA, SMK) dalam rangka meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan di Kota Semarang.

Selain itu, tuturnya, melalui kegiatan ini pula masyarakat pendidikan di kota Semarang dapat menyamakan persepsi, tujuan dan peran serta masyarakat dalam merealisasikan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM).

Ketua panitia Up Grading Komite Sekolah, Drs. Imam Priyo Subarkah, MM mengatakan, kegiatan ini diikuti para ketua Komite SD, SMP, SMA, SMK (Sekolah Penggerak / Sekolah Potensial) di Kota Semarang.

Dikatakan, selain mendapatkan pengarahan dari Plt walikota Semarang, peserta Up Grading juga mengikuti ceramah dan diskusi bersama dua narasumber yang disiapkan.

“Dua Narasumber itu adalah Ketua DPKS Dr Drs Budiyanto SH M.Hum dan Widya Iswara Balai Besar Peningkatan Mutu Pendidikan Jateng, Drs Sudaryanta MSi,” tuturnya. (af).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini