- iklan atas berita -

Metro Times (Gunung Kidul) Menjalin silaturahmi dan mendekatkan diri kepada masyarakat, Kepolisian Daerah (Polda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mendistribusikan air bersih sekaligus menggelar bakti sosial (baksos) membagikan paket sembilan bahan pokok (sembako) untuk warga padukuhan di Desa Sampang Gedangsari Gunungkidul DIY.

Kasubdit 2 Ditintelkam Polda DIY AKBP Dwi Prasetio Nugroho, S.E., M.H. menuturkan, Polda DIY memberikan bentuk kepedulian terhadap masyarakat, salah satunya kepada mereka yang saat ini dilanda bencana alam kekeringan akibat kemarau panjang.

“Sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat Polda DIY mendistribusikan air bersih untuk masyarakat padukuhan di desa Sampang, sekaligus membantu dengan membagikan bantuan berupa paket sembako untuk warga yang membutuhkan, agar mereka yang terdampak tetap bisa berkarya dan bertumbuh,” ujarnya, dalam keterangan tertulis, Jumat (17/11/2023).

AKBP Dwi Prasetio menyampaikan, kegiatan distribusi air bersih dan baksos ini diselenggarakan bertujuan untuk sedikit membantu warga memenuhi kebutuhan bahan pangan pokok dan kebutuhan air bersih.

ads

“Polda DIY senantiasa mengajak seluruh masyarakat DIY khususnya rekan-rekan warga Gunungkidul dan sekitarnya untuk ikut serta berperan aktif menjaga kesatuan dan persatuan, mencegah perpecahan sosial, tidak mudah terprovokasi oleh pihak-pihak yang berkepentingan, dan senantiasa mengedepankan aksi damai saat menyuarakan aspirasinya,” ungkapnya.

AKBP Dwi Prasetio mengharapkan kolaborasi ini mampu mendorong penguatan kerja sama dan partisipasi masyarakat supaya berperan aktif turut menciptakan dan menjaga situasi pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (harkamtibmas) yang kondusif.

Ditemui seusai menerima secara simbolis bantuan air bersih dan paket sembako, Suharman selaku Lurah Desa Sampang sangat mengapresiasi kepedulian dari pihak Polda DIY ini.

Mewakili warga Sampang, Suharman mengucapkan terima kasih kepada Polda DIY, menurut dia bantuan ini sangat bermanfaat untuk membantu ketersediaan air bersih untuk rumah warga dan di berbagai fasilitas umum.

“Air besih akan didistribusikan untuk 3 padukuhan yakni di Dusun Sidomulyo, Mongkrong, dan Sengonkerep yang mutu dan debit airnya sangat berkurang sejak 4 bulan terakhir akibat musim kemarau panjang yang melanda, sedangkan ketersediaan air bersih untuk 3 padukuhan lainnya yaitu di Dusun Karangasem, Kayen, dan Pondok relatif masih aman,” ucapnya.

Salah satu warga yang menerima bantuan, Didik Kurniawan warga Dusun Sidomulyo sangat berterima kasih atas bantuan dari Polda DIY untuk warga Kelurahan Sampang. “Kami senang karena bantuan ini bisa menopang ekonomi keluarga kami saat ini di tengah lonjakan harga kebutuhan bahan pangan rumah tangga,” katanya.

Kegiatan silaturahmi dan baksos dirangkai dengan deklarasi dari masyarakat dan perangkat Desa Sampang yang berkomitmen bersinergi dengan Polri memelihara kamtibmas dan menjaga situasi kondusif untuk keberlangsungan berbagai program pemerintah dan aktivitas ekonomi lainnya sehingga taraf perekonomian dan derajat kesejahteraan warga Desa Sampang bisa semakin meningkat.(rls/dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!