MetronTimes (Semarang) Sebanyak 50 mahasiswa dan dosen Program Studi S1 Pariwisata Universitas Semarang (USM) mengikuti Table Manner Course di Ruang Ramayana Patra Hotel & Convention pada Rabu, 21 September 2022.

Menurut panitia yang sekaligus Sekretaris Program Studi S1 Pariwisata Desika Nur Jannah MMPar bahwa kegiatan diawali dengan tour hotel, live cooking demo, junggling botol, baru dilanjutkan table manner course.

Dekan Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi (FTIK) USM Prind Triajeng Pungkasanti MKom mengatakan bahwa kegiatan ini selain diikuti oleh mahasiswa Program Studi S1 Pariwisata juga diikuti para dosen. Hadir dalam kesempatan tersebut Rektor USM Dr Supari MT, Ketua Pengurus Yayasan Alumni Undip Prof Dr Ir Kesi Widjajanti SE MM, Ir Soeharsojo IPU.

“Dengan adanya soft skill ini dapat memberikan tambahan wawasan kepada mahasiswa dan materi ini dapat diterapkan di dunia kerja maupun saat jamuan resmi,” ungkap Prind Triajeng.

Sementara Prof Dr Kesi Widjajanti dalam sambutan pembukaannya mengaku senang bahwa mahasiswa S1 pariwisata menggelar kegiatan table manner di hotel berkelas yaitu di Patra Hotel & Convention.

“Intinya kita bisa makan dengan benar dan beretika serta berkelas, ada tradisi internasional yang harus dikenal oleh mahassiwa pariwisata USM terkait etika agar makan berkelas, jika makan di tempat jamuan makan harus beretika jangan sampai tampil cantik tapi makan kurang beretika. Harapan kami mahasiswa bisa cerita ke teman-teman di kampungnya setelah mendapatkan pengalaman ini,” ungkap Prof Kesi.

“Mudah-mudahan para peserta table manner bisa happy karena makan itu melibatkan emosi maka kita harus senang, jangan sampai makanan jatuh karena akan merusak suasana,” tambahnya.

Senada dengan itu Rektor USM Dr Supari mengatakan bahwa kesantunan perlu kita jaga diawali dengan table manner. Menurutnha untuk mencapai Indonesia Emas perlu dilakukan dengan kesantunan sehingga mahasiswa pariwisata USM dikenalkan kegiatan ini agar bisa menjaga etika dan sopan santun dimanapun berada untuk menuju Indonesia Emas.

Materi table manner disampaikan oleh Restoran Manajer Patra Hotel & Convention Daniel Fery. “Mahasiswa kami berikan materi tentang cara makan dan penggunaan peralatan makan dengan baik dan benar saat jamuan resmi. Selain itu para peserta juga diberikan materi tentang sejarah table manner, cara berjabat tangan, cara makan dan minum yang baik dan beretika, cara berinterkasi dengan baik saat makan dan lain-lain,” ungkap Daniel Fery.

Salah satu mahasiswa semester tiga S1 Pariwisata Djaudatul Amalia mengatakan bahwa Table Manner Course ini sangat membantu para mahasiswa dalam etika makan yang diterapkan saat acara jamuan resmi atau makan formal. “Materi ini sangat bagus karena selama ini belum pernah mendapat materi table manner dan ketika datang ke acara resepsi atau jamuan hanya sebatas makan dan minum saja tanpa mengetahui tata cara yang benar. Harapannya materi ini dapat berguna bagi kami dan bisa mempraktekkannya saat jamuan resmi,” ungkap Amalia. (af).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini