- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Pemerintah Kabupaten Purworejo mulai merumuskan visi misi pembangunan daerah untuk mewujudkan Purworejo maju pada tahun 2045 mendatang.

Pada Selasa (26/3/2024) seluruh satuan perangkat daerah, BUMD, lembaga swadaya masyarakat (LSM) serta lembaga lain di daerah ini berkumpul dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di Gedung Arahiwang. Musyawarah itu untuk menyusun rencana pembangunan jangkan panjang daerah (RPJPD) tahun 2025-2045 serta rencana kerja pemerintah daerah tahun 2025.

Bupati Purworejo, Yuli Hastuti pada musyawarah tersebut mengutarakan bahwa pemerintah daerah bersama DPRD telah melakukan penandatangan nota kesepakatan awal RPJPD 2025-2045 pada 11 Januari 2024. Nota kesepakatan itu berisi visi misi arah kebijakan serta sasaran pokok pembangunan Purworejo hingga tahun 2045 mendatang.

“Berdasarkan isu strategis dan tantangan pembangunan nasional dan provinsi serta memperhatikan capaian pembangunan Purworejo selama 20 tahun terakhir maka visi pembangunan jangka panjang daerah pada 2025-2045 adalah Purworejo Maju Sejahtera, Berkelanjutan dan Berdaya Saing yang disingkat Pejuang,” kata Bupati.

Menurutnya, akromin pejuang menyimpan makna bahwa banyak pahlawan dan tokoh yang lain di daerah ini. Disisi lain, kata Pejuang menggambarkan sosok yang tidak putus asa dan tak kenal lelah mencapai tujuan yang ingin diwujudkan.

ads

Yuli berharap jiwa dan semangat para pejuang di daerah ini menjadi landasan bagi seluruh perangkat daerah serta masyarakat untuk wujudkan Purworejo maju dalam kurun waktu 20 tahun kedepan.

Purworejo maju yang ingin diwujudkan pemerintah daerah bahwa kedepan daerah ini diproyeksikan untuk memiliki kondisi ekonomi yang mandiri dengan memanfaatkan teknologi terkini dan inovatif dan diiringi dengan infrastruktur yang tegas.

Sedangkan Sejahtera berarti masyarakat Purworejo pada masa mendatang adalah sosok yang cerdas, berbudaya serta tercukupi segala kebutuhan ekonomi.

Selanjutnya berkelanjutan diharapkan Purworejo kedepan memiliki lingkungan yang lestasi dan menerapkan prinsip pembangunan yang berkelanjutan, infratruktur yang terintegrasi serta dapat memberikan pelayanan terbaik dan mampu meningkatkan perekonomian.

“Pemanfaatan SDA dilakukan secara bijaksana dengan mempertimbangkan keberlangsungan setiap generasi dimasa mendatang,” ujarnya.

Berikutnya Purworejo berdaya saing diharapkan kedepan daerah ini memiliki kekuatan dan kondusifitas wilayah, ekosistem, inovasi dan SDM yang didukung dengan tata kelola pemerintahan yang baik.

Visi pemerintah daerah itu, lanjut Bupati akan diwujudkan melalui lima misi strategis pemerintah daerah meliputi peningkatan produktivitas dan kondusifitas perekonomian daerah, peningkatkan daya saing SDM dan kualitas sosial masyarakat, peningkatkan pemerataan aksesibilitas, konektifitas dan keterpaduan infrastruktur wilayah, peningkatkan kualitas lingkungan hidup serta peningkatan tata kelola pemerintahan yang adil dan kolaboratif.

“Dengan bekerja keras serta sinergi semua pihak saya yakin visi misi pemerintah Purworejo pada tahun 2025 hingga 2045 itu dapat tercapai,” pungkasnya.(dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!