Metro Times (Purworejo) Sebanyak 600 mahasiswa baru gelombang 1 Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP) menjalani Kuliah Motivasi secara luring di Auditorium Kasman Singodemejo UMP, Jumat (24/6). Melalui kuliah motivasi, mahasiswa baru diharapkan memiliki gambaran sebelum memasuki masa perkuliahan sekaligus menyiapkan diri untuk meraih hibah kompetisi kemahasiswaan.

Pada sesi pertama, peserta mendapatkan materi materi bertajuk Meraih Masa Depan bersama Perguruan Tinggi yang disampaikan oleh KH Drs Muslim Saifudin, pengasuh Pondok Pesantreen Swatu Wonosobo. Selanjutnya materi Reviewer Nasional Program Kreatifitas Mahasiswa dengan materi Strategi Akses Hibah Kemahasiswaan diberikan oleh Ir H Didik Widiyantono.

Dalam paparannya, KH Muslim Saidufin yang merupakan alumni UMPurworejo mendorong agar para mahasiswa baru tersebut memiliki semangat pantang menyerah dalam menimba ilmu. Mantan Ketua IMM ini menyampaikan kewajiban untuk menuntut ilmu dan menguatkan iman.

โ€œKuliah di UMPurworejo memungkinkan untuk menuntut ilmu dan menguatkan ke-imanan. Apalagi UMPurworejo memiliki Pesantren Mahasiswa,โ€ katanya.

Wakil Rektor III UMPurworejo, Dr Budi Setiawan MSi, menjelaskan bahwa kuliah motivasi digelar untuk memberikan gambaran kepada para mahasiswa baru, sebelum memasuki masa perkuliahan dan kesiapan mahasiswa baru untuk meraih hibah kompetisi kemahasiswaan.

“Kita harapkan dengan dua pembicara yang dihadirkan bisa menambah wawasan para mahasiswa baru. Termasuk untuk memotivasi mereka dalam menjalankan perkuliahan di UMPurworejo nantinya,” jelasnya.

Tidak hanya itu, pihaknya juga berharap para mahasiswa baru tersebut mampu menjadi duta UMPurworejo untuk bisa menginformasikan beragam unggulan,fasilitas hingga sarana-prasarana yang ada di UMPurworejo, kepada teman, saudara atau kerabat lainnya.

“Adik-adik mahasiswa baru ini menjadi duta promosi dan mitra UMPurworejo dalam kaitanya untuk syiar untuk publikasi UMPurworejo. Bahkan untuk terutama kaitanya promosi pendaftaran mahasiswa baru, karena saat ini mungkin teman-temannya yang belum memutuskan kuliah atau masih menunggu di pengumuman UTBK SBMPTN dan Jalur Mandiri PTN. Kami harapkan adik-adik mahasiswa baru ini nanti mengajak teman-temannya. Harapannya tentu, mereka yang saat ini masih belum memutuskan untuk berkuliah dimana, bisa tertarik dan mendaftar ke UMPurworejo. Banyak peluang beasiswa di UMPurworejo yang bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa baru angkatan 2022/2023,” ungkapnya.

Lebih lanjut diinformasikan bahwa hingga pendaftaran gelombang II saat ini, sudah ada sebanyak 1.100 mahasiswa yang mendaftar, dari target 2.000 mahasiswa baru pada tahun ajaran 2022/2023. Masa pendaftaran Mahasiswa Baru untuk Gelombang III akan dibuka sampai dengan tanggal 16 September 2022. (dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini