- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Universitas Muhammdiyah (UM) Purworejo mencatatkan rekor menggembirakan pada tahun akademik 2022/2023 ini. Dari sebanyak 364 lulusan yang diwisuda, 206 orang di antaranya menyandang predikat Cumlaude atau Dengan Pujian.
Prosesi Wisuda Angkatan ke-69 berlangsung khidmat dalam rangkaian Rapat Senat Terbuka yang dipimpin Rektor UM PUrworejo, Dr Teguh Wibowo MPd, di Auditorium Kasman Singodimedjo pada Sabtu (14/10/2023).

Hadir antara lain Wakil Bupati Purworejo, Yuli Hastuti SH, bersama jajaran Forkopimda, Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah, Kepala LLDIKTI Wilayah VI Jawa Tengah, Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta di Purworejo, BPH UMP, dan para mitra kerja, orang tua/wali wisudawan, serta sejumlah tamu undangan lainnya.

Rektor UM Purworejo menyebut, sebanyak 364 lulusan yang diwisuda terdiri atas 224 Perempuan dan 140 laki-laki dari 15 Prodi. Menurutnya, wisuda periode ini cukup spesial mengingat sekitar 56 persen dari jumlah wisudawan meraih predikat cumlaude dengan IPK di atas 3,50 dan tertinggi 3,88.

“Ini membuktikan bahwa proses belajar di UM Purworejo sudah cukup baik serta menunjukkan bahwa input kita juga bersaing dan lulus dengan IPK cukup tinggi, yang artinya secara kemampuan akademik mereka menguasai,” sebutnya.

ads

Di hadapan para wisudawan, Rektor berpesan menyampaikan bahwa perkembangan teknologi berbasis high speed mobile internet dan revolusi industri model post covid-19 era, berlangsung di depan mata. Laporan Future of Jobs Report World Economic Forum memprediksi 85 juta pekerjaan akan tergantikan oleh mesin, tetapi 97 juta jenis pekerjaan baru akan bermunculan. Karena itu, pihaknya berpesan agar mampu beradaptasi dan bersaing. Selain itu, ilmu yang dimiliki hendaknya dapat meningkatkan keyakinan dan keimanan kepada Sang Pencipta.

“Mengandung makna bahwa ilmu ini harus dibekali moral dan etika sehingga mampu membawa kemaslahatan pada umat manusia,” terangnya.

Wakil Bupati Purworejo dalam sambutannya menyampaikan pentingnya pendidikan dalam pembangunan masyarakat dan kemajuan daerah. Menurutnya, para sarjana yang lahir hari ini memiliki peran besar dalam memajukan Kabupaten Purworejo dan menciptakan perubahan positif dalam masyarakat.

“Abdikan diri untuk memberikan kontribusi yang berarti bagi daerah. Jadilah pioner dalam menghadapi tantangan zaman yang terus berubah, berinovasi serta jadilah teladan dalam nilai-nilai kebaikan dan persatuan,” ungkap Yuli Hastuti.

Sementara itu, Agung Setiawan ST MT, Dekan Fakultas Teknik selaku Ketua Panitia Wisuda, menjelaskan bahwa wisuda kali ini sengaja dikemas menggembirakan dengan beragam sajian hiburan. Hal itu sekaligus menjadi representasi syukur mengingat banyaknya wisudawan yang meraih predikat cumlaude.

“Alhamdulillah pada tahun akademik 2022/2023 ini banyak yang lulus 4 tahun,” jelasnya.

Sebagai bentuk apresiasi, sebanyak 15 wisudawan terbaik dari masing-masing Prodi berkesempatan diwisuda langsung oleh Rektor . Mereka juga menerima penghargaan dan uang dalam bentuk tabungan Bima dari Bank Jateng.

Kelima belas wisudawan terbaik tersebut yakni Wulan Suci Romadoni dari Prodi Agribisnis (IPK 3,88), Difa Annas Haqie dari Prodi Psikologi (3,87), Nani Setiyo Wati dari Prodi Peternakan (3,85), Arif Muntaha dari Prodi Teknologi Informasi (3,85), Haidarrafiyan Perdanakusuma dari Prodi PBI (3,83), Laela Destiana dari Prodi Pendidikan Matematika (3,82), Silvya Damayanty dari Prodi PGSD (3,82), dan Dani Arsanti dari Prodi Manajemen (3,78).

Kemudian Gigih Anggita dari Prodi Pendidikan Fisika (3,77), Rizal Milyuantara dari Prodi Pendidikan Teknik Otomotif (3,77), Nur Kholis dari Prodi Hukum (3,75), Finta Lisa Utami dari Prodi PBSI (3,75), Miftahul Karomah dari Prodi Pendidikan Ekonomi (3,74), Eni Windi Sulastri dari Prodi PBSJ (3,74), dan Faisal Fachrudin dari Prodi Teknik Sipil (3,63). (dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!