- iklan atas berita -

METRO TIMES (Ambon)-Bendahara Umum Forum Cendekiawan Melanesia Republik Indonesia (FORKAMRI) Sandri Rumanana menyampaikan usulan rencana pembentukan Korem Langgur harus segera direalisasikan. Hal ini ditegasakn sandri Rumanama pada, sabtu 19/11/22

Rumanama berharap proses pembentukan Korem Langgur agar segera terealisasikan dan dipercepat.

“Kami sedang mengusulkan rencana pembentukan Korem Persiapan langgur dan kami minta dukungan semua pihak agar proses ini segera rampung.” ujarnya.

Selaku ketua DPP KNPI Komisi Ketahanan Nasional, Rumanama, menilai Korem Persiapan Langgur bisa menjawab kebutuhan pertahanan teritorial khusus wilayah Maluku.

Diakuinya, Maluku Tenggara (Langgur) yang punya posisi strategis secara geopolitik yang mana ke depan tidak menutup kemungkinan ada gesekan teritorial di wilayah perbatasan seperti Australia dan Timor Leste.

ads

“Posisi Maluku Tenggara Raya yang berbatasan langsung dengan Timor Leste dan Australia tentu butuh penataan pertahanan teritorial yang baik dan mumpuni.” jelas Rumanama.

Apalagi tambahnya, dinamika kawasan dan perbatasan yang belakangan ini terjadi gesekan bukan tidak mungkin beririsan dengan wilayah pertahanan Indonesia.

“Langgur sangat strategis untuk menjadi kawasan penjagaan teritorial dan kedaulatan bangsa, dan juga kedepan Maluku Tenggara Raya bisa memiliki beberapa Kodim baik itu di Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT), Kabupaten Kepulauan Aru, dan Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD).” pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!