- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Purworejo menyalurkan beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) kepada 1.920-an siswa SD/SDLB, SMP/SMPLB, SMA/SMALB, dan SMK di Kabupaten Purworejo. Dipastikan, proses penyaluran PIP akan dilakukan sesuai prosedur dan tidak ada potongan sedikitpun.

Kepastian sekaligus penegasan itu disampaikan oleh Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Purworejo, Dion Agasi setiabudi SIK MSi, dalam acara Penyerahan Surat Pemberitahuan Pencairan PIP kepada para orang tua/wali siswa calon penerima di Graha Siola RM Dargo Pangen Purworejo, Minggu (21/8). Kegiatan dihadiri sejumlah pengurus DPC PDIP Purworejo dan dirangkai dengan Pendidikan Politik bagi masyarakat oleh Wakil Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jawa Tengah MH Zainudin SSos MHum.

Menurut Dion, PIP merupkan program bantuan sosial bagi siswa siswa tidak mampu. Jadi selayaknya bantuan tersebut dapat diterima dan dirasakan langsung oleh orang tua atau wali serta siswa penerima.

“Jadi PIP ini sifatnya bukan diterimakan secara kolektif. Dari yang kita usulkan dalam program ini, sebagian besar belum pernah menerima PIP atau memiliki SK Nominasi. Sehingga saya kira perlu penjelasan supaya orang tua wali siswa paham mekanisme dan sebagainya supaya tidak ada potongan-potongan,” tegas Dion saat dikonfirmasi pada sela-sela acara.

Diungkapkan, jatah aspirasi PIP yang dibagikan langsung melalui sekolah-sekolah di Kabupaten Purworejo selama ini sudah ada, tetapi kuotanya masih sangat kurang. Karena itulah, DPC PDIP Purworejo berupaya untuk mengupayakan tambahan alokasi melalui Ketua DPR RI, Puan Maharani.

ads

“Saya melalui Pak Zaenudin di DPRD Provinsi Jawa Tengah kemudian berkomunikasi kepada Ibu Puan Maharani untuk minta tambahan alokasi PIP yang usulan nama-namanya kita cari dan saring melalui komunikasi dengan para kepala sekolah, kepala desa, ketua RT, RW, serta tokoh masyarakat yang tersebar di 16 wilayah kecamatan,” ungkapnya.

Lebih lanjut Dion menyebut ada sekitar 1.920 PIP yang siap disalurkan melalui aspirasi PDIP di Purworejo. Jumlah itu terdiri atas 1.056 untuk jenjang SD, 442 untuk jenjang SMP sederat, 173 jenjang SMA, 203 jenjang SMK. Selain PIP juga akan disalurkan Kartu Indonesia Pintar (PIP) bagi mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi.

Nominal beasiswa PIP yang akan diterima siswa SD/SDLB sebesar Rp450 ribu, siswa SMP/SMPLB sebesar Rp750 ribu, dan siswa SMA/SMK sebesar Rp1 juta per tahun.

“Hari ini kita undang para orang tua siswa khususnya dari wilayah Kecamatan Purworejo dan Kaligesing untuk menerima Surat Pemberitahuan Pencairan. Total kita rencanakan di 29 titik di 16 kecamatan, tidak dikumpulkan jadi satu di lokasi ini,” sebutnya.

Terkait jadwal, Dion menerangkan bahwa bagi siswa yang belum pernah menerima PIP sebelumnya dan saat ini telah menerima SK Nominasi, terlebih dahulu harus membuat rekening sebelum 30 September 2022 dan pencairan akan dilakukan setelahnya. Sementara bagai yang sudah pernah menerima pada tahun sebelumnya dan memiliki SK pemberian, pencairan akan segera diproses karena dananya sudah masuk.

“Jadi yang belum pernah menerima harus buat rekening dulu, ke sekolah dulu minta suketerangan, lalu ke bank membawa surat yang kita berikan ini. Baru nanti bisa dicairkan setelah tanggal 30 September,” terangnya.

Tatik (60), salah satu orang tua siswa penerima PIP asal Kampung Pandekluwih Kecamatan Purworejo mengaku senang dapat menerima PIP. Ibu rumah tangga ini berharap, bantuan dapat diterima utuh mengingat sangat bermanfaat bagi untuk mendukung anaknya yang duduk di kelas 11 SMA.

“Ini sangat membantu masyarakat seperti kami. Rencana buat beli buku, tas atau keperluan sekolah lainnya,” ujarnya. (dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!