METRO TIMES ( -ambon ) Sambutan Gubernur Maluku Murat Ismail diawali dengan mengucap rasa hormat dan terima kasih, Kepada seluruh pemerintah daerah provinsi Maluku yang berkenaan hadir dalam acara pelantikan anggota DPRD Provinsi Maluku Johannes lewerisa, S.H M.H dilantik pada dini hari (Jumat 20 Mei 2022), di gedung peripurna DPRD Provinsi Maluku.

Ungkapan rasa tersebut di ucapkan kepada seluruh hadirin dan tamu undangan yang berkenan hadir dalam acara pelantikan tersebut diantaranya, anggota DPRD-Ri, anggota DPD-RI, Para anggota pro propinda Provinsi Maluku, pimpinan dan anggota DPRD Provinsi Maluku, Wakil Gubernur Maluku, sekda berserta Pimpinan Provinsi Maluku, pimpinan umat beragama provinsi Maluku, pimpinan TNI-POLRI, lembaga BUMN serta seluruh pimpinan – pimpinan yang lainnya yang tidak dapat di sebutkan satu demi satu.

Maluku mengalami Peningkatan yang cukup signifikan sebesar 3.04%, dimana pada tahun 2020 pertumbuhan ekonomi provinsi Maluku mengalami kontraksi sebesar 0.92% akibat dampak dari Covid 19.

Di tahun 2021 angka penghasilan provinsi Maluku juga mengalami penurunan dengan signifikan sebesar -1.69% dan 17.99% menjadi 16.30%. penurunan ini merupakan yang tertinggi di provinsi Maluku selama sepuluh tahun terakhir, dan juga merupakan penurunan angka kemiskinan tertinggi jika dibandingkan dengan provinsi-provinsi lainnya di Indonesia pada tahun 2021.

Angka penurunan kemiskinan tersebut mencerminkan bahwa program kerja pembangunan dan pemilihan gubernur Maluku sejauh ini telah berlangsung dengan benar dan baik serta tetap sasaran.

Pan-demik tersebut menunjukkan hampir semua indikator sosial, ekonomi, dan kesehatan kesejahteraan masyarakat, memperihatinkan capaian kinerja yang signifikan antara lain, turun-nya angka bantuan dari 7.37% di tahun 2020 menjadi 6.93% pada tahun 2021.

Demikian pula angka ketimpangan yang menurun dari 0.326%, pada tahun 2020. menjadi 0.316% pada tahun 2021.

Indeks atau IPM mencatat peningkatan dari 69.49% pada tahun 2020. menjadi 69.72% pada tahun 202. dimana peningkatan tersebut terjadi pada semua di pensi, baik umur panjang, hidup sehat, dan sandar hidup yang layak.

Saat ini pemerintah provinsi Maluku untuk mempercepat-kan pemulihan ekonomi yang mengarah pada peningkatan daya beli masyarakat.

Mengenai agenda khusus reformasi birokrasi merupakan wujud, dan komitmen pemerintah Provinsi Maluku, dan juga tata kelola pemerintahan yang jujur, bersih, dan melayani di seluruh perangkat daerah provinsi Maluku.

Di bidang infrastruktur pemerintah provinsi Maluku saat ini fokus dalam membangun integritas baik infrastruktur maupun logistik dalam mendukung akses-akses signigritas penggerakan barang dan jasa yang efektif, dan efisien dari segi waktu.

Provinsi Maluku merupakan wilayah akademik marketing dengan potensi sumber daya alam yang berlimpah utamanya sektor perikanan. Capaian ini merupakan hasil kerja kita bersama dalam semangat kemitraan eksekutif, legislatif dan di dukung oleh seluruh elemen masyarakat.

Semoga kedepannya kita terus bersinergi membangun Maluku menciptakan inovasi mengerakkan perekonomian rakyat guna menwujudkan peningkatan kesejahteraan masyarakat secara merata di seluruh wilayah Maluku sesuai dengan visi pemerintah provinsi Maluku. Yaitu Maluku yang terulas secara jujur bersih dan melayani, yang menjadi kesejahteraan dan berdaulat atas gugusan kepulauan masyarakat Maluku.

Akhir sambutan Gubernur Maluku Murat Ismail, mengucapkan selamat bagi anggota DPRD Provinsi Maluku Johannes Lewelerisa, S.H, M.H, yang di Lantik pada pada dini hari. Berikut kutipannya ” undangan dan hadirin yang berbahagia sebelum saya mengakhiri sambutan ini, saya mengucapkan selamat kepada saudara Johannes lewerissa, S.H, M.H, berserta keluarga atas amanah yang diterima semoga tuhan memberkati”. Jelasnya.
( A.S.L).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini