- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Seorang warga di Dusun Mbowok, Desa Pundensari Rt 002 Rw 002 Kecamatan Purwodadi Kabupaten Purworejo, nyaris tertimpa reruntungan bangunan akibat gempa bumi yang terjadi pada Jumat (30/6/2023).

Pelaksana PU dan Trantib Kantor Kecamatan Purwodadi, Eddy Kucir menjelaskan gempa berkekuatan 6,4 magnitudo yang berpusat di Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta itu mengakibatkan satu rumah warga di Kecamatan Purwodadi mengalami kerusakan.

“Yang mengalami kerusakan rumah milik ibu Ergowati warga Dusun Mbowok, Desa Pundensari Rt 002 Rw 002. Saat ini sedang dilakukan kerja bakti pembersihan sisa reruntuhan,” kata Eddy, Sabtu (1/7/2023).

Ia menjelaskan, kerusakan terjadi pada dinding bagian dapur. Satu dari anak keluarga tersebut nyaris tertimpa dinding yang runtuh saat gempa itu terjadi. Dia berhasil selamat karena bergegas lari keluar rumah.

“Sebelum gempa terjadi anak itu sedang didapur mau masak indomi. Sudah sempat kasih nyala kompor gas. Ada guncangan dan dia langsung sadar bahwa ada gempa, sehingga ia bergegas mematikan kompor dan lari,” katanya.

ads

Saat seluruh anggota keluarga sudah berada di luar rumah, dinding di dapur tersebut ambruk dan menimpa kompor dan seluruh peralatan dapur. Tak hanya itu, reruntuhan dinding itu pun menimpa satu unit sepeda ontel.

Eddy menyebutkan, tidak ada korban jiwa maupun luka-luka pada peristiwa itu. Namun, akibat kejadian ini keluarga Ergawati mengalami kerugian materi yang ditaksir mencapai Rp 10 juta.

“Temboknya ambruk menimpa seluruh pralatan dapur. Alhamdulillah semua anggota keluarga berhasil selamat,” katanya menambahkan.

Pasca bencana ini, anggota TNI, petugas kecamatan serta perangkat desa sertempat berjibaku melakukan pembersihan material bangunan. Bantuan sudah disalurkan untuk keluarga tersebut.

“Dari kecamatan diambilkan dari lumbung sosial dan Posko Sosial Kec Purwodadi. Selain kecamatan, BPBD Purworejo juga sudah menyalurkan,” kata Eddy lagi seraya menambahkan bantuan yabg disalurkan berupa Mi instan, kasur lantai, terpal, peralatan makan, peralatan dapur, beras, gula, air mineral serta bahan pangan lainya.

Eddy menambahkan, untuk Kecamatan Purwodadi hanya ada satu laporan kerusakan rumah akibat gempa yang terjadi pada pukul 19:57 WIB tersebut.

“Hanya satu, sampai pagi ini kami belum ada laporan kerusakan dari desa lain,” pungkasnya.(Dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!