- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Buku merupakan sember ilmu pengetahuan bagi setiap orang khususnya bagi kalangan pelajar. Oleh sebab itu, untuk meningkatkan minat para pelajar dalam membaca buku, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dinpusip) Kabupaten Purworejo, terus berinovasi dengan menggelar roadshow perpustakaan di sejumlah lokasi wisata di Purworejo, salah satunya di Eduwisata Cengkir Manis Azk Garden Desa Paitan Kecamatan Kemiri pada, Selasa (23/5/2023).

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti, sekaligus meresmikan Eduwisata Cengkir Manis Azka sebagai tempat belajar dan bermain bersama perpustakaan. Langkah Dinpuspi tersebut mendapat apresiasi dari Wabup, yang terus berinovasi untuk meningkat minat siswa dalam membaca buku.

Karena menurutnya, selain untuk terus memperkenalkan dan meningkatkan minat baca serta literasi di kalangan masyarakat, melalui kegiatan roadshow perpustakaan ini juga untuk mempromosikan potensi wisata di Kabupaten Purworejo.

Dikatakan Wabup jika saat ini minat baca di kalangan masyarakat sangatlah rendah karena banyak yang lebih senang menonton ketimbang membaca. Bahkan betah berjam-jam menonton televisi atau menonton tayangan di smartphone.

“Kebiasaan tersebut sebenarnya bisa kita ubah, karena kita memiliki sarana seperti perpustakaan umum daerah dan perpustakaan keliling. Tinggal bagaimana kita memotivasi dan menggerakkan masyarakat untuk meningkatkan kegemaran membaca,” ujar Wabup.

ads

Di akhir sambutan, wabup mengingatkan bahwa literasi merupakan kunci untuk membuka pintu pengetahuan dan masa depan yang lebih baik.

“Mari bersama-sama menginspirasi dan mendorong generasi muda kita untuk mencintai membaca dan mengasah kemampuan literasi mereka,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinpusip Dra Eni Sudiyati MM menjelaskan bahwa kegiatan roadshow perpustakaan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang keberadaan dan mendorong partisipasi aktif dalam memanfaatkan perpustakaan.

Selain itu juga untuk meningkatkan apresiasi terhadap literasi dan pendidikan, dengan mengedukasi masyarakat tentang manfaat membaca, akses ke sumber daya informasi dan pengembangan diri melalui perpustakaan.

Dikatakan, kegiatan roadshow ini dilakukan setiap dua bulan sekali di tempat wisata yang berbeda. Kegiatan di Desa Paitan ini merupakan kegiatan roadshow kedua yang diselenggarakan setelah pandemi.

Eni berharap melalui kegiatan ini, perpustakaan dapat menjalin hubungan yang lebih erat dengan masyarakat dan memperluas jangkauan layanan. Selain itu, kegiatan ini juga untuk mendukung program bupati yakni satu desa satu produk, dalam hal ini produk wisata edukasi.

“Dengan menghadirkan perpustakaan secara langsung ke berbagai tempat, roadshow perpustakaan diharapkan dapat membantu membangun minat, pemahaman dan partisipasi masyarakat dalam dunia literasi dan pengetahuan,” terang Eni. (dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!