- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Bencana banjir dan tanah longsor yang melanda sejumlah desa di Kabupaten Purworejo langsung mendapatkan perhatian dari pemerintah. Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM turun langsung ke sejumlah lokasi bencana untuk memastikan bahwa penanganan berlangsung optimal sekaligus memberikan bantuan, Rabu (1/3).

Turut mendampingi antara lain Sekda Said Romadhon Asisten Pemerintahan dan Kesra, Kepala Dinas PUPR, Kepala Dinsosdalduk KB, Kepala Pelaksana BPBD, dan Perangkat Daerah terkait lainnya. Bupati bersama rombongan mengunjungi beberapa titik banjir, di antaranya area Perumahan Palapan Desa Seren Kecamatan Gebang dan Desa Krandegan Kecamatan Bayan.

Di Perumahan Palapan, Bupati meninjau titik banjir yang diketahui disebabkan meluapnya Sungai Dulang sehingga pagar pembatas antara sungai dan perumahan jebol. Kedatangan Bupati disambut warga yang sedang membersihkan rumahnya dari kotoran dan lumpur.

“Di sini biasanya tidak banjir, banjir kali ini terjadi karena meluapnya air yang membuat pagar itu jebol. Ini harusnya dibronjong saja Pak biar kuat,” perintahnya kepada Kepala Dinas PUPR.

ads

Selanjutnya di Desa Krandegan yang merupakan daerah rawan banjir, menurut informasi pemerintah desa setempat telah dibantu para relawan untuk melakukan evakuasi kepada warga yang rumahnya terendam banjir. BPBD juga telah mendirikan posko maupun dapur umum untuk membantu ketersediaan makanan di pengungsian. Terdapat beberapa lokasi pengungsian di antaranya masjid maupun rumah warga yang relatif lebih tinggi tanahnya.

Menurut bupati, banjir di lokasi tersebut dipengaruhi letak geografis.

“Ada pertemuan antara kali Jali dan kali Dulang,” sebutnya.

Lebih lanjut disampaikan bahwa di wilayah Kabupaten Purworejo ada 17 desa di 7 kecamatan yang tergenang banjir. Perumahan Palapan dan Desa Krandegan menjadi yang terparah.

“Untuk perumahan palapan sudah surut ya. Untuk logistik sudah mulai didistribusikan dari tadi malam, lalu dapur umum juga sudah di dirikan di tempat-tempat yang airnya masih tinggi,” ungkapnya. (Adv/22)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!