- iklan atas berita -

 

MetroTimes (Surabaya)  – Dalam rangka Hari Batik Nasional dirayakan seluruh Nusantara, begitu juga Selebgram Benny Gunawan. Ikut memperingati Hari Batik dengan mengenakan Busana Batik Motif Tujuh Rupa. Batik ini merupakan Batik dari Pekalongan yang lembut dan adem dipakai.

Saat di jumpai di pagelaran Batik, Top Model Jawa Timur 2022, Benny Gunawan mengatakan, hari ini saya ikut meramaikan Batik Indonesia tentunya kita sebagai masyarakat Indonesia senantiasa mengembangkan budaya Nusantara salah satunya adalah Batik.

“Kali ini saya menggunakan Batik Pekalongan. Dengan motif Tujuh Rupa dengan Bahan Katun, yang halus dan adem jika dipakai,” jelasnya.

Disinggung soal soal pemilihan Batik yang dipilih Pekalongan. Benny Gunawan memaparkan, karena Pekalongan terkenal sebagai daerah perajin dan pusat batik. Salah satu nama batik yang paling terkenal adalah batik tujuh rupa yang didominasi motif bunga, tumbuh-tumbuhan, dan hewan.

“Batik Pekalongan biasanya menggambarkan ciri kehidupan masyarakat pesisir yang mudah beradaptasi atas pengaruh budaya luar,” terangnya.

Mengenai corak dan warna, Benny Gunawan menyukai warna hijau. Menurutnya, hijau itu energi yang hidup. Hijau itu kehidupan, selain itu merupakan warna alam.

“Saya memilih warna ada hijaunya, karena saya suka tumbuh-tumbuhan. Tumbuhan itu pemberi oksigen bagi kehidupan kita. Oksigen adalah gas yang diperlukan manusia dan hewan untuk bernapas. Sementara pohon, memiliki kemampuan untuk melakukan fotosintesis yang menghasilkan gas oksigen dan gula. Di saat bersamaan atau saat fotosintesis berlangsung, tanaman menghisap gas karbondioksida,” ungkapnya.

Masih dengan Benny Gunawan, yang mendesain busana saya ini Vera Suraiya Fashion (VS Fashion).

“Untuk diketahui, VS Fashion ada sejak tahun 2005. Desain baju yg sering di buat adalah kebaya baik buat Pengantin maupun busana Pesta. Kalangan yang mempercayakan ke VS mulai dari mahasiswa hingga para wanita. Baik wanita karir maupun non karir,” ujarnya.

“VS juga pernah dipercaya membuatkan baju untuk ibu gubernur dan ibu walikota sby. Ada pengalaman membuatkan kebaya pengantin dari negara Amerika hingga Dubai. Kalo dalam negeri hingga Irian Jaya. Batik untuk couple sering buat bahkan untuk sekeluarga. Terutama di event hari khusus,” pungkasnya. (nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini