Webinar BPS Kendal, Masyarakat Diajak untuk Terus Menulis

0
377
Webinar BPS kabupaten Kendal, Kamis (25/2).
- iklan atas berita -

Metro Times Kendal – Menulis opini itu mudah. Mulailah dengan menulis sesuatu yang disukai. Jangan dipaksakan. Jika memang baru bisa mendapat satu paragraf, tidak apa-apa. Hal itu dikatakan oleh penulis opini asal Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Malang , Tasmilah, Kamis (25/02/2021). Tasmilah yang berbicara di acara seminar yang dilakukan secara daring (webinar), oleh BPS Kabupaten Kendal menjelaskan, sebagai penulis opini pemula, jangan malu-malu untuk membaca karya orang lain. Amati, Tiru, dan Modifikasi (ATM).

“Carilah ide yang terjadi saat ini, dan sempatkan membaca ,” kata Tasmilah.

Perempuan yang sudah menulis puluhan opini tersebut, menambahkan pelajari juga karakter media yang akan dijadikan tempat untuk memuat tulisan opini. Sebab karakter media satu dengan yang lain berbeda.

“Kalau media cetak, halaman untuk opini, kan kolomnya berbeda. Kita harus tahu, berapa karakter tulisan kita dan mau dikirim ke media mana,” ujarnya.

Tasmilah, meminta agar terus menulis. Jangan putus asa bila tulisan yang dikirim ke media, tidak dimuat. Jadikan hal itu, motivasi untuk terus menulis.

ads

Slamet Priyatin, pembicara lain, menulis cerita untuk pemula , sebaiknya dimulai dari apa yang dilakukan setiap hari, semacam tulisan buku harian. Setelah terbiasa, mulailah menulis dengan ide-ide yang lain.

“Jadikan menulis itu kebutuhan. Seperti kita butuh mencintai dan dicintai. Seperti kebutuhan makan,” kata lelaki yang biasa disapa Priyo.

Priyo, yang juga berprofesi sebagai jurnalis Kompas.com menjelaskan, sebagai seorang penulis harus banyak membaca. Baik itu karya sastra, kamus bahasa Indonesia dan lainnya.

“Teruslah menulis,” ajaknya.

Webinar yang diselenggarakan oleh BPS Kabupaten Kendal ini, dibuka oleh Kepala BPS Provinsi Jawa Tengah, Sentot Bangun Widoyono. Dalam kesempatan itu, Sentot, mengatakan pegawai BPS sebaiknya bisa menulis. Sebab karya tulisan yang dimuat di media, bisa dijadikan syarat untuk naik pangkat.

Hampir sama dengan Sentot, Kepala BPS Kab. Kendal Dra. Ummi Hastuti, M.Si, menambahkan, tujuan webinar untuk memberi ilmu menulis kepada pegawai BPS, khususnya yang ada di Kendal. Webinar, selain diikuti oleh pegawai BPS, juga ada mahasiswa dari universitas Muhamadiyah Semarang, dan Universitas Selamat Kendal.

“Dulu BPS Kendal ini, pegawainya sangat produktif menulis. Tapi sekarang agak kesulitan, mungkin karena kesibukan,” pungkasnya.(Gus)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!