- iklan atas berita -

METRO TIMES ( Ambon ) TNI Angkatan Laut.Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut IX Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina, M.M., M.T memimpin Upacara Penyambutan Satuan Tugas Pengamanan Pulau Terluar (Satgaspam Puter) Maluku Barat Daya VI Tahun 2021 di Lapangan Apel Mako Lantamal IX.

Kamis, (28/10/2021).

Dalam amanatnya Danlantamal IX mengatakan berdasarkan pasal 7 undang-undang nomor 34 tahun 2004 tentang TNI, mengamanatkan bahwa tugas pokok TNI adalah menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, menjaga keutuhan wilayah darat, laut, dan udara yang batas-batasnya ditetapkan dengan undang-undang.

Upacara penyambutan Satgas Pengamanan Pulau terluar ini dilaksanakan sebagai bentuk penghargaan karena mereka telah selesai melaksanakan tugasnya sebagai garda terdepan, menjaga wilayah terluar Negara Kesatuan Republik Indonesia dari berbagai ancaman dan gangguan yang datang sewaktu-waktu. Mereka bertugas diberbagai wilayah antara lain Pulau Moa, Pulau Leti, Pulau Kisar, Pulau Wetar, Pulau Lirang dan Pulau Romang.

Wilayah perbatasan memiliki potensi sumber daya alam yang cukup besar, serta merupakan wilayah yang sangat strategis bagi pertahanan dan keamanan negara. Dan sebanyak 35 prajurit Lantamal IX yang telah selesai melaksanakan Satgas Pengamanan Pulau Terluar Maluku Barat Daya VI.

ads

Pada kesempatan ini Danlantamal IX menyematkan Satya Lencana Wira Nusa kepada perwakilan anggota Satgas Pratu Marinir Albert Mailau. Satya Lencana Wira Nusa diberikan kepada prajurit TNI yang telah bertugas dan mendarmabaktikan diri untuk pengamanan pulau terluar Negara Kesatuan Republik Indonesi

Kepada prajurit yang telah selesai melaksanakan tugas, karena telah menorehkan tinta emas kepada bangsa dan negara yaitu dengan terlaksananya tugas pengamanan pulau-pulau terluar dengan baik, Penugasan ini merupakan bentuk penegakkan kedaulatan NKRI dari ancaman pihak luar yang melewati pulau-pulau strategis diwilayah terluar Indonesia.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wadan Lantamal IX, Para Asisten Danlantamal IX, Dansatrol Lantamal IX, Para Kasatker Lantamal IX, dan Ketua Korcab IX Daerah Jalasenastri Armada III beserta Pengurus.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!