- iklan atas berita -

 

MetroTimes (Sidoarjo) – Tanggal 12 Agustus, tepatnya 57 tahun yang lalu merupakan hari lahirnya Pangkalan Udara TNI Angkatan Laut Juanda.

Komandan Pangkalan Udara Angkatan Laut (Lanudal) Juanda Kolonel Laut (P) Muhammad Tohir menyampaikan, pagi hari ini, Hari Kamis tanggal 12 Agustus 2021 bertepatan dengan 57 tahun Hari Ulang Tahun Pangkalan Udara TNI Angkatan Laut Juanda yang pada tanggal 12 Agustus 1964 diresmikan penggunanya oleh Presiden Republik Indonesia Pertama Bapak Ir. Sukarno.

“Hari ini adalah kegiatan yang ke 3 kita laksanakan tabur bunga di landasan pacu Bandara Internasional Juanda, yang bertujuan untuk mengenang jasa para pendahulu dari sesepuh penerbangan Angkatan Laut yang saat itu berinisiasi untuk membangun Pangkalan Udara Militer Pertama. Yang di bangun murni oleh negara Republik Indonesia,” terang Kolonel Laut (P) Muhammad Tohir selesai acara tabur bunga di Bandara Juanda Sidoarjo, Kamis (12-08-2021)

ads

Prosesi tabur bunga di landasan pacu Bandara Internasional Juanda Sidoarjo memakan waktu kurang lebih 20 menit, sehingga kegiatan penerbangan komersial dipending selama prosesi tabur bunga.

Ia melanjutkan, jadi bandara yang lain-lain itu banyak hasil rampasan perang, hasil warisan dari para penjajah.

“Merupakan suatu kebanggaan Bandara Internasional Juanda dibuat pertama kali yang tujuannya pada saat itu adalah untuk merebut Irian Barat,” jelasnya.

“Jadi Pangkalan Udara ini dijadikan tempat persiapan awal dari pesawat-pesawat udara maupun pasukan-pasukan yang akan disiapkan ke Irian Barat,” pungkasnya. (nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!