- iklan atas berita -

 

MetroTimes (Surabaya) – Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) bersama Unit Tanafusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) buka Gerai Donor Darah. Bertempat di Gedung H Lantai 1 kampus Unitomo, Dekan Fikes, Miftahul Hairoh dalam sambutannya mengatakan dengan dibukanya Gerai Donor darah, maka menjadi perluasan layanan donor darah bagi masyarakat. “Jadi yang mau donor darah tidak perlu jauh-jauh lagi ke UTD PMI Kota Surabaya, kita membuka layanan Senin hingga Jumat di jam kerja dengan kuota 50 pendonor per harinya”, ujarnya.

Sementara itu, dr. Muchlas Udin, Kepala Markas PMI Kota Surabaya mengatakan dipilihnya Unitomo karena pertama kali di Jawa Timur yang memiliki Program Studi (Prodi) Teknologi Bank Darah (TBD). “Ini bisa menjadi sarana pembelajaran langsung bagi mahasiswa dalam melakukan layanan donor darah”, ungkapnya.

ads

Ditemui di sela kegiatan, Rektor, Siti Marwiyah mengungkapkan adanya Gerai Donor Darah di Unitomo akan menjadi bagian pelayanan bagi kampus untuk bisa mengabdikan dirinya pada masyarakat. “Karena memang ini terbuka untuk umum, jadi bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar”, kata rektor perempuan pertama di Unitomo ini.

“Gerai donor darah bisa sekaligus tempat praktek mahasiswa Unitomo Fakultas Ilmu Kesehatan, sehingga mahasiswa tidak lagi canggung dalam praktek pemeriksaan dan pengambilan darah. Lebih dari itu mahasiswa bisa langsung mengetahui proses setelah pengambilan darah,” tuturnya.

Iyat, sapaan akrab Siti Marwiyah menambahkan pihak Fikes ke depan harus terus bersinergi dengan UTD PMI Kota Surabaya untuk terus mengedukasi masyarakat betapa pentingnya donor darah bagi orang lain yang membutuhkan. “Sebagaimana semboyan PMI, setetes darah kita nyawa bagi sesama”, pungkasnya. (nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!