- iklan atas berita -

 

MetroTimes (Surabaya) – Mengenalkan anak pada alam perlu dilakukan sejak dini. Meski tak dipungkiri, tak semua anak ‘beruntung’ lahir dan tumbuh di lingkungan yang dekat dengan alam. Namun tetap saja, alam tak bisa dipisahkan dari kehidupan.

Sebanyak 80 siswa-siswi SD Al Falah Surabaya bergembira ria saat melakukan kunjungan ke Kebun Binatang Surabaya, Rabu (15/2/2023).

Wali kelas 2 SD Al Falah, Ustadzah Anis Siamu Rohmah, S.Pd.I, menuturkan, agenda hari ini adalah SD Al Falah mengadakan Proyek Tematik Outdoor – Learning. Exploring Surabaya Zoo. Dimana dilakukan oleh anak-anak kelas 2A, 2B, 2C,dan 2D.

ads

“Kunjungan dan sambil belajar di kebun binatang, bertujuan agar anak-anak itu dapat secara langsung mengetahui bagaimana cara untuk memelihara, merawat tanaman dan tumbuhan dan kemudian hewan-hewan yang ada di sini,” ungkapnya.

Pembelajaran yang berlangsung tidak membosankan dan siswa langsung belajar dengan dunia nyata tidak hanya belajar teori-teori dari buku saja.

Menurut Anis, manfaat belajar di alam agar pembelajaran yang berlangsung tidak membosankan dan siswa lebih paham benda-benda yang ada di alam kehidupan. Karena dengan membawa siswa langsung ketempatnya, siswa akan lebih memahami apa-apa saja yang ada di alam tersebut. Siswa tidak hanya belajar dengan teori tetapi langsung melihat benda sekitar.

Selain itu, dekat dengan alam juga memberikan banyak manfaat bagi tumbuh kembang anak. Tak hanya menyehatkan secara fisik, tapi juga mengajarkan pelajaran berharga yang tak ternilai.

“Anak-anak jadi lebih pintar, lebih mampu bergaul dengan orang lain, lebih sehat dan bahagia ketika mereka bisa bermain bebas di luar rumah (alam),” katanya.

“Selain itu, kita nanti ada Fun Games, gamenya itu meliputi estafet bola, estafet kata. Tujuan diadakan lomba agar anak-anak merasa happy dan senang. Apalagi di kurikulum merdeka itu, mengajarkan bagaimana anak-anak itu belajarnya menyenangkan, kemudian bisa belajar sambil bermain,” tutupnya. (nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!