- iklan atas berita -

 

MetroTimes (Surabaya) – Relieving the Hunger adalah Program dari Lions Clubs International yang bertujuan memberikan bantuan makanan bagi sesama yang membutuhkan bantuan berupa makanan.

Hak untuk memperoleh pangan merupakan salah satu hak asasi manusia, sebagaimana tersebut dalam pasal 27 UUD 1945.

Lions Clubs Internasional Indonesia Distrik 307 B2 Wilayah IV, V, VI mengadakan Baksos Relieving the Hunger dengan memberikan 1500 nasi kotak kepada warga masyarakat yang membutuhkan bantuan di wilayah Surabaya, Sabtu (1/10/2022).

ads

Turut hadir pada kegiatan Baksos Relieving the Hunger Lions Clubs Internasional Indonesia Distrik 307 B2 Wilayah IV, V, VI yaitu Ketua Komite Relieving the Hunger, Melia.

Project Officer, Maria K Andriana memberikan nasi kota kepada warga sekitar Jalan Juwono

 

Sebagai Project Officer Lions Clubs Internasional Indonesia Distrik 307 B2 pada giat Relieving the Hunger, Maria K. Andriana menyampaikan, Sudah ditetapkan oleh Lions Clubs Internasional, bahwa kita ini punya 5 (lima) agenda yang harus dilaksanakan, salah satunya Relieving the Hunger.

Maria melanjutkan, Kita di Surabaya terbagi ada 3 wilayah, yaitu wilayah IV, wilayah V, dan wilayah VI, dan kita Joint Activity mengadakan Baksos Relieving the Hunger ini. Memang ini program internasional, jadi setiap Club harus menjalankan program ini.

“Dan kegiatan hari ini kita mendapatkan donasi dari Ibu Lianawati Tjokrohartono untuk menjalankan program Relieving the Hunger di Surabaya,” tutur Maria.

Lianawati Tjokrohartono saat memberikan nasi kota kepada warga Darmo Kali

Sementara Lianawati Tjokrohartono, sebagai Global Membership Team (GMT), District 307 B2 Coordinator Indonesia, menjelaskan, Kami satu keluarga memang sering mengadakan Baksos khususnya Relieving the Hunger, apabila setiap anggota dari keluarga kami ada yang berulang tahun. Seperti saya sekarang ini dan tahun lalu juga mengadakan, sehingga sudah menjadi tradisi di keluarga kami.

“Program rutin yang harus dijalankan Lions Clubs Internasional Indonesia Distrik 307 B2, karena memang itu merupakan lima pilar dari program internasional, yaitu selain Hunger, ada juga Diabetes, Lingkungan hidup, Vision, dan kemudian kanker anak,” tandas Lianawati.

Ia menuturkan, Sekali lagi dengan kita bersyukur kepada Tuhan, karena kita semuanya ini dihindarkan dari hal-hal yang buruk, seperti misalkan tidak kena Covid.

“Kita semuanya bersyukur kepada Tuhan, karena kita masih bisa berdiri tegak sampai hari ini, sehingga kami sekeluarga senang sekali dan ingin berbagi kepada sesama yang membutuhkan bantuan,” kata Lianawati.

“Kita mengharapkan, semua masyarakat bisa lebih bahagia dan kita semuanya bisa terhindar dari Covid yang segera selesai dan hal-hal buruk,” imbuhnya.

Kebetulan ibu Lianawati ini anggota Lions Clubs, jadi donasi atas syukuran keluarga yang sering dilakukan didonasikan ke Lions Clubs Internasional Indonesia.

Maria menambahkan, Sebagai rasa syukur ibu Lianawati ini mendonasikan sebagian uangnya untuk orang banyak lewat Lions Clubs Internasional Indonesia. Jadi Lions Clubs menampung dana beliau.

“Kita berbagi ke masyarakat terutama kaum marjinal. Kita berbagi walaupun hanya sedikit sebagai ungkapan rasa peduli kita kepada mereka dan kebetulan memang saat ini kita mendapatkan donasi dari ibu Lianawati yang kebetulan beliau lagi ulang tahun dan syukuran. Biasanya setiap Club harus membuat Fund Raising untuk mengumpulkan dana dan membuat Baksos seperti ini,” ucapnya.

“Kita memang tujuan utama merangkul kaum marjinal, agar mereka tidak pernah merasa sendiri. Lions Clubs hadir dimana-mana jika ada kesusahan, dan dimana ada bencana Lions Clubs selalu berharap menjadi tonggak terdepan untuk membantu mereka semua,” ujarnya.

Sementara Ketua Wilayah IV, V, VI menyampaikan,

  1. Lindawati Halim Ketua Wilayah IV, menjelaskan wilayah IV ada IV A dan IV B, yang mengikuti dengan total 10 Club. Wilayah IV A bertugas Baksos di Ngagel dan di Bratang. Dan IV B bertugas di rel kereta api Kapasari.
  2. Wibisono Ketua Daerah V B, mewakili Ketua Wilayah V Anna Floretina yang tidak bisa hadir. Wilayah V ada 13 Club yang mengikuti acara Relieving the Hunger. Wilayah V berbagi di daerah Doho Blambangan, di belakang Universitas Widya Mandala.
  3. Sedangkan Jenny Lee Ketua Wilayah VI menyampaikan, ada 21 Club yang mengikuti kegiatan ini. Kami dari wilayah VI ada dua titik, yang satu VI A itu di Jagir Wonokromo, yang satunya lagi VI B di sekitar Makam Kembang Kuning.

Ketua PO VI B menjelaskan nanti kita bagikan di seputar Makam Kembang Kuning. Dan ada 5 Club yang bertugas.

“Pembagian makanan itu tergantung Ketua Wilayah masing-masing. Beliau yang menentukan Ketua wilayah sub, menentukan bagaimana dan berapa yang akan dibagi. Jadi hari ini nasi kotak yang dibagikan ada 1500 kotak dengan 44 Club yang mengikuti di 6 titik di wilayah Surabaya,” pungkas Maria. (nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!