MetroTimes (Surabaya) – Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Dankodiklatal) Letnan Jenderal TNI (Mar) Suhartono hadir dalam upacara peringatan HUT Ke-66 Penerbangan TNI Angaktan Laut dengan Inspektur Upacara Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono yang dihelat di Appron Hanggar Pangkalan Udara Angkatan Laut Juanda,Jumat (17/06).

Selain parade, upacara Peringatan HUT Ke-66 Penerbangan TNI AL berlangsung meriah dengan adanya sejumlah aksi demonstrasi dari GS Gita Jala Taruna AAL , Helli Dance dan Defile pasukan, serta Flypass Pesawat Udara TNI AL.

Mengutip siaran pers Dispen Puspenerbal, menjelang peringatan HUT tahun ini Puspenerbal juga telah mendukung sepenuhnya Pemkab Sidoarjo dalam pembangunan fasilitas kepentingan umum di tanah BMN TNI AL di Aloha Juanda berupa fly over Aloha, simpang pertigaan Bangah, dan Taman Monumen Ilyushin-28 melalui Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang telah dilaksanakan antara TNI AL diwakili Aslog Kasal dengan Bupati Sidoarjo.

Sementara itu dalam amanatnya, Kasal menyampaikan sejarah panjang pengabdian penerbangan TNI AL mencatat, bahwa penerbangan TNI AL telah menjadi elemen vital dalam Sistem Senjata Armada Terpadu. Penerbangan TNI AL adalah mata, telinga serta kepanjangan tangan KRI dan pasukan Marinir.

โ€œBerkat kalian, KRI bisa melihat lebih luas, mendengar lebih banyak, dan menjangkau musuh lebih jauh. Kalian sangat menentukan kemenangan pertempuran dan keselamatan pasukan kawan. Kalian juga mengemban misi mulia, seperti pencarian dan pertolongan serta penanggulangan bencana alam,โ€ tutur Kasal mengenai kiprah pasukan yang dikenal dengan sebutan Rajawali Laut tersebut.

Tema yang diusung dalam peringatan tahun ini yakni Penerbangan TNI Angkatan Laut Hebat, Angkatan Laut Kuat, Indonesia Jaya. Pada kesempatan ini, Kasal menegaskan supaya tema tersebut tidak hanya sekedar tulisan penghias papan. โ€œPenerbangan angkatan laut yang hebat harus kita buktikan dan wujudkan. Bawa kembali kejayaan Penerbangan Angkatan Laut yang diperhitungkan dan disegani, seperti beberapa dekade yang lalu, โ€œ tegas Laksamana Yudo Margono.

Turut hadir pada peringatan ini, Gubernur Jatim Ibu Khofifah Indar Parawansa beserta pejabat Forkopimda Jatim, Pejabat Utama dan Kasatker Mabesal, Pangkotama TNI AL wilayah Jakarta, Surabaya dan Sorong, perwakilan TNI/Polri wilayah Surabaya, dan pejabat utama Angkasa Pura. Tidak ketinggalan para mantan Danpuspenerbal dari masa kemasa, dan para Veteran penerbang TNI AL juga ikut hadir menyaksikan upacara. (nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini